24 Desember 2013

One Day One Juz


Honeylizious.com – Sepertinya ini akan menjadi resolusi yang sangat baik untuk dilakukan. Kalau perlu membuat target yang lebih tinggi. Setidaknya kalau yang tercapai hanya setengahnya sudah tercapai lebih dari 1 juz. Anggap saja kita membuat target untuk mengaji tiga juz sehari. Katakanlah ternyata hanya tercapai 1 juz. Sudah lumayan bukan?

Tapi selama ini saya sadar saya belum memahami benar cara membaca Al-Quran yang sesuai dengan tajwidnya. Rasanya masih belum sempurna dan masih banyak yang harus saya pelajari untuk memahami Al-Quran. Selain melafazkannya tentu kita harus memahami isinya sebagai pedoman hidup. Itu sebabnya mulai tahun 2014 saya akan mengurangi jadwal menulis di blog. Hanya satu sehari targetnya. Cukup meluangkan waktu 10-20 menit untuk mengisi tulisan di blog.

Sisanya mengirim tulisan ke media yang membeli tulisan. Jadinya punya banyak waktu untuk belajar mengaji. Sebenarnya sih ingin memanggil guru ngaji ke rumah. Sebab rasanya malu belajar mengaji di mesjid yang didominasi oleh anak kecil. Sudah terlalu tua untuk berkumpul dengan anak-anak dan duduk sebagai murid mengaji juga.

Semoga tahun depan banyak hal bisa diselesaikan dan saya bisa menemukan guru ngaji yang tepat dan dekat dengan rumah. Jadi kalau dia sendiri tak bisa datang, saya yang akan mendatanginya. Jadi target mengaji saya akan tercapai.

Dulu saya memang punya pemahaman yang salah mengenai mengaji. Saya melihat banyak orang merayakan khataman dengan acara yang meriah. Dalam pikiran saya waktu itu tentunya adalah kalau sudah khatam tak perlu lagi mengaji. Jadi saya cepat-cepat menyelesaikan 30 juz supaya bisa latihan menulis lebih banyak lagi. Apalagi waktu kecil dulu saat sudah selesai 30 juz Uwan tak pernah menyuruh saya belajar mengaji lagi.


Padahal mengaji itu seharusnya menjadi rutinitas yang bisa dilakukan setiap hari. ah... naifnya saya waktu itu.

@honeylizious

Followers