22 Desember 2013

Nyelonong di Ruang Kosong Jalanan


Honeylizious.com – Pernahkah berada di simpang empat jalan lalu ada sepeda motor yang tiba-tiba nyelonong saat pergantian lampu merah? Tentu saja yang nyelonong ini adalah orang yang tidak diizinkan untuk jalan terus sebab di bagiannya masih ditandai dengan lampu merah. Biasanya memang saat pergantian lampu merah ada jeda sekitar 1-2 detik sampai akhirnya semua kendaraan benar-benar berada di bagian tengah persimpangan sebelum akhirnya menuju jalan yang dia inginkan.

1-2 detik penghematan waktu bagi mereka tapi sebenarnya membahayakan banyak orang. Belum lagi rasanya orang yang seperti itu, yang tak tahu aturan sangat menyebalkan. Kalau orang yang nyelonong itu orang yang tak sadar lampu di jalan yang dia lewati sudah berubah dari kuning ke merah dan terlanjur berada di tengah masih bisa kita maklumi. Itu namanya telajak atau kebablasan.

Namun kalau dari arah jalan yang sejak tadi lampunya masih merah dan tak ada perubahan apa pun tentu menyebalkan. Belum lagi mereka suka ngotot jika bertemu pengendara lain yang berada di tengah. Padahal yang mereka pelototi itu sudah benar berkendaranya. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan dalam hal tersebut lampu sudah hijau yang menandakan dia dipersilakan melanjutkan perjalanan kembali.

Suami saya sering geram dengan orang yang seperti itu juga. Jadi dia sangat sangat sengaja memacu kendaraannya sampai akhirnya berdekatan dengan kendaraan yang nyelonong tersebut. Menghardiknya keras. Supaya mereka sadar bahwa apa yang mereka lakukan itu keliru.


Bagaimana Indonesia mau maju kalau pengendaranya saja tak mematuhi rambu-rambu lalu lintas?

@honeylizious

Followers