25 Desember 2013

Nunok


Honeylizious.com – Masih ngomongin soal desa yang ada di Jawai. Baik Jawai atau Jawai Selatan. Tak begitu jauh kok jarak dua kecamatan itu. Mengingat rumah kami terletak di Matang Suri (Matang Terap) yang jaraknya ke Desa Dungun Laut hanya 10 menit menggunakan sepeda motor. Padahal beda kecamatan.

Bibi saya yang saya panggil Mak Cik tinggal di desa yang lumayan pelosok. Jalannya juga hancur. Becek dan nggak ada ojekkk...

Nama desanya Nunok. Saya tak tahu kapan tepatnya mereka tinggal di sana. Yang jelas sudah lama sekali. Waktu anaknya masih dua kalau tidak salah. Sekarang anaknya sudah empat. Bahkan anak sulungnya sudah duduk di kelas 1 SMP. Desa Nunok ini adalah desa yang paling lengkap sekolahnya sebelum akhirnya di Matang Suri berdiri SMP dan SMK.

Sewaktu masih berstatus bagian dari Jawai. Bukan pemekaran menjadi Jawai Selatan. SMP dan SMA di Nunok urutannya menjadi SMP 2 dan SMA 2. sekarang berubah menjadi SMP 1 dan SMA 1. Sedangkan SMP baru yang berdiri di dekat SD tempat Umak mengajar menjadi SMP 2. dulunya SMP itu belum ada. Mungkin karena kebutuhan sekolah semakin tinggi dan sekolah yang sudah ada tak mampu menampung lebih banyak murid lagi. Makanya sekolah baru bermunculan. Apalagi SMP 1 di Nunok jaraknya jauh dari Matang Suri. Jadinya banyak yang enggan sekolah di sana. Lebih banyak yang memilih sekolah di SMP Negeri 1 Dungun Laut seperti saya. Karena jalannya mulus dan lebih dekat. Berbeda dengan SMP di Nunok.


Semoga suatu saat saya mampir ke Nunok jalannya sudah berubah menjadi lebih mulus dibandingkan sekarang.

@honeylizious

Followers