19 Desember 2013

MLM yang Menakutkan


Honeylizious.com – Bisnis yang bermodal kecil dan mendatangkan keuntungan besar memang menjadi bahan yang mudah untuk 'dijual' pada banyak orang. Apalagi kalau orang ini sebelumnya belum pernah terjerembab pada 'money game'. Bagaimana orang menawarkan bisnis dengan mengatakan 'kita tak perlu jualan produk', 'bisa dapat untung besar dalam waktu singkat', dan masih banyak iming-iming lain yang membuat orang dengan mudahnya tergiur untuk mendapatkan keuntungan dari bergabung di bisnis tersebut.

Padahal yang namanya bisnis pasti ada perputaran barang atau jasa. Bisnis apa yang tak melibatkan barang atau jasa? Apa yang kita jual sebenarnya? Masa' hanya mencari downline sebanyak-banyaknya terus kita bisa kaya-raya. Untuk yang bergabung lebih dulu mungkin saja bisa untung besar. Apalagi sistemnya itu jaringan piramid yang membuat yang berada di bagian paling atas yang paling untung.

Lebih menakutkan lagi bisnis dengan sistem yang sama akan muncul lagi dengan nama yang diganti. Kalau dicermati kita akan sadar bahwa sebenarnya itu bisnis yang sama. Ganti nama. Ganti brosur tapi ujung-ujungnya membuat orang yang ingin cepat kaya terjebak di dalam sistemnya. Lebih parahnya lagi, kita yang bergabung terjebak, malah dibuat supaya bisa menjebak orang lain lagi.


Menakutkan bukan?

@honeylizious

Followers