18 Desember 2013

Menjahit dengan Mesin Jahit Listrik Portabel Mini


Honeylizious.com – Sejak membeli mesin jahit listrik portabel mini yang memang lebih gampang digunakan dibandingkan mesin jahit listrik yang merek Singer itu sekarang saya sudah punya beberapa rok karet karya sendiri. Membuatnya juga mudah. Saya hanya menggunakan kain dan karet. Tidak perlu pola apalagi ukur sana-sini.

Sebab saya lebih suka menggunakan tubuh saya sendiri untuk mengukur berapa panjang karet dan kain yang dibutuhkan. Kalau memang ada kain yang sudah 2 meter potongannya saya tak perlu repot memotong dan mengukurnya lagi. Sebab saya akan langsung menggunakannya untuk satu rok. Rasanya sayang kainnya dipotong-potong. Apalagi kalau kain batik tulis.

Siapa tahu suatu hari saya sudah mahir membuat atasan lalu berminat untuk membuat blazer. Nah kalau kainnya saya potong nanti susah dibuat pakaian lengan panjang dong ya? Hehehe...

kalau sebelumnya saya menggunakan alat kecil yang bisa diinjak atau ditekan dengan tangan, sekarang saya lebih suka menggunakan tombol penjahitan otomatis pada mesinnya. Satu kali tekan mesinnya akan terus menjahit tanpa henti. Dulu kecepatannya saya menggunakan yang rendah. Sekarang sudah bisa menggunakan yang paling cepat.


Kecepatan tercepatnya juga tak secepat mesin jahit listrik Singer kok. Lebih pelan jalannya. Lebih serupa dengan mesin jahit tradisional yang bukan listrik itu. Jadi lebih sesuai dengan kecepatan menjahit yang saya pelajari sejak kecil.

@honeylizious

Followers