15 Desember 2013

Menjadi Editor


Honeylizious.com – Walaupun job ngedit tulisan dari tempat saya diterima beberapa waktu yang lalu belum ada, ternyata saya tetap bisa menjadi editor di Pontianak ini. Sekarang menjadi editor untuk banyak artikel pesanan yang masuk, yah itung-itung berbagi rezeki dengan beberapa teman yang memag sedang mencari penghasilan dari menulis. Saya sendiri ternyata lebih menikmati menulis di blog sendiri dibandingkan harus menulis artikel untku web yang lain.

Menjadi editor bisa gampang bisa susah. Gampang kalau ternyata yang menulis itu bisa menghadirkan sedikit kesalahan dalam tulisannya. Susah kalau yang menulis itu banyak melakukan kesalahan dan editor yang akan menyempurnakannya. Makanya sebelum memutuskan menjadi editor cari dulu para penulis yang akan diedit tulisannya. Dari situ kita bisa memperkirakan kesalahan yang dia lakukan banyak atau sedikit. Sehingga nantinya kita sebagai editor lebih siap menghadapi proses editnya.

Padahal saya suka menulis, mengapa saya juga memilih untuk menjadi editor? Rasanya menyenangkan bisa memperbaiki tulisan orang lain. Paling tidak tanda bacanya atau kesalahan pengetikan yang dia lakukan. Sambil mengedit kita bisa menikmati tulisan yang dia buat. Walaupun lebih nikmat lagi membaca tulisan yang sudah selesai diedit.


Meskipun sekarang peran saya berubah menjadi editor bukan berarti saya mengatakan tulisan saya sudah sempurna. Tentu butuh editor lain untuk memperbaikinya.

@honeylizious

Followers