20 Desember 2013

Menggoreng Telur Mata Sapi (1)


Honeylizious.com – Sejak dulu sampai sekarang yang namanya telur mata sapi memang selalu menjadi favorit kalau sudah bingung mau masak apa saat lapar. Apalagi yang namanya telur mata sapi bisa dibuat dalam waktu 5 menit. Sekarang juga sudah gampang, tinggal nyalakan kompor gas dan telur pun matang dalam waktu singkat.

Berbeda jauh dengan waktu kecil dulu. Sebelum memasak harus menyalakan api tempurung dan harus bisa membuat api di tungku itu sedang. Kalau sekarang enak ya, tinggal putar saja untuk mengecilkan atau membesarkan nyala apinya. Belum lagi untuk menyalakan apinya butuh proses. Misalnya nih menggunakan minyak tanah yang dibasahkan di abu tungku. Jadi mengerok abu menggunakan tempurung kecil dulu. Habis itu tumpahkan minyak tanah secukupnya di abu. Nyalakan korek api dan bakar abu yang basah oleh minyak tanah tadi.

Kalau menyala dengan baik barulah beberapa tempurung lain diletakkan di dekat api tersebut supaya terbakar. Pembakarannya butuh waktu lagi. Kalau nyalanya sudah bagus baru bisa meletakkan kuali atau wajan di atas tungku. Kemudian proses menggoreng telur bisa dilakukan. Makanya saya lebih suka memasak itu saat nenek sedang memasak. Sudah ada api yang tersedia di tungku.


Berbeda jauh dengan sekarang yang bisa masak dengan gampang kapan saja. Menggoreng telur mata sapi bukan hal yang sulit sama sekali.

@honeylizious

Followers