16 Desember 2013

Membumbui Ayam Goreng


Honeylizious.com – Membeli ayam segar biasanya saya lebih memilih bagian dada. Suami suka soalnya. Belinya sih tak banyak. Paling satu kilo dan itu bisa buat persediakan dua sampai tiga hari. Untuk bumbunya saya paling suka menggunakan bumbu racik instant yang tinggal dimasukkan dalam air rebusan ayam. Satu bungkus bisa buat semua ayam yang saya beli itu.

Potong-potong, cuci, lalu rebus dengan bumbu sampai airnya tinggal sedikit. Setelah itu ayam yang tadinya dibumbui dengan bumbu racik ayam goreng saya masukkan dalam kulkas di bagian bawah kulkas yang bertepatan dengan bawah freezer. Setelah itu saat akan memasaknya menjadi ayam goreng tinggal panaskan minyak lalu goreng deh.

Sangat gampang dan tidak ribet menyediakan ayam goreng buat teman makan nasi suami. Apalagi sekarang masak nasi tinggal colok. Masak sayurnya juga yang gampang. Tinggal tumis. Lauknya digoreng. Sederhana tapi untungnya suami tidak ribet soal makanan. Paling sih jangan ikan yang dia tidak suka. Dia tak begitu suka ikan. Kalau ada ikan yang dia suka ya ikan nila itu. Rencananya akan berburu ikan nila di Pasar Flamboyan yang harganya jauh lebih murah.


Untuk bocoran nih ya, harga ikan nila segar yang masih hidup di Pasar Flamboyan hanya Rp25.000/kg-nya dan yang sudah tidak hidup tapi masih segar juga Rp18.000/kg. Murah bukan? Padahal di Pasar Dahlia Sungai Jawai harganya mencapai Rp30.000/kg. Hidup atau mati.

@honeylizious

Followers