26 Desember 2013

Masih Bicara Soal Utang Piutang

Honeylizious.com - Sebenarnya postingan sebelumnya yang membicarakan soal piutang akan menghasilkan tulisan yang panjang lebar jika saya mengetik menggunakan PC. Karena waktu itu menulis menggunakan ponsel jadinya ya tentu saja, saya malas menulis lebih panjang lagi. Jemari saya kaku menuliskan postingan menggunakan keyboard layar usap seperti itu. Padahal banyak hal yang bisa saya tuliskan. Sekarang karena saya singgah ke warnet dekat rumah saya bisa menuliskan lebih panjang, lebih banyak, dan lebih cepat.

Hehehe...

Kalau bicara soal piutang memang tak akan ada habisnya. Sampai-sampai tulisan saya itu banyak yang baca dalam hitungan jam. Entah apakah memang banyak orang yang mengalami hal yang sama seperti saya atau merasa dirinya sedang disindir oleh tulisan tersebut karena masih punya hutang dengan saya. Ah terserah persepsi orang saja mau menilai. Saya hanya menuliskan apa yang menjadi ide di dalam kepala saya. Walaupun harus saya akui saya memang memiliki beberapa orang di dunia ini yang belum juga melunasi utangnya kepada saya. Padahal saya sudah menunjukkan bahwa saya butuh uang untuk modal usaha berikutnya. Setidaknya saya ingin menyimpan uang yang menjadi hutang mereka tersebut di rekening bank saya.

Saya suka berpikir, kok mereka bisa hidup tenang ya dengan hutangnya yang ada pada orang lain? Apakah setiap malam tak pernah terlintas di kepalanya mengenai hutang-hutang yang ada itu atau memang sudha terlalu terbiasa tak membayar hutangnya. Jadinya tak ada rasa apa-apa ketika ada hutang baru yang tak dilunasi. Entah, setiap orang memang cara yang berbeda. Namun saya selalu diajari oleh ibu saya untuk tidak berutang pada orang lain kecuali sangat mendesak. Apalagi kalau pada akhirnya kita berat atau tak mampu untuk membayarnya.

Sampai-sampai saya pernah menagih orang yang berutang pada saya untuk membayar hutangnya di dunia dibandingkan harus membayar di akhirat. Kemudian orang tersebut beberapa kemudian setelah saya tagih benar-benar meninggal dunia. Hutang yang dibawa ke alam akhirat bukankah lebih mahal pembayarannya?

@honeylizious

Followers