21 Desember 2013

Martabak Tanjungpura


Honeylizious.com – Ternyata dari banyak pedagang martabak yang ada di Pontianak, ada satu pedagang yang sudah puluhan tahun menjual martabak dan langganannya banyak sekali. Suami sudah kenal martabak ini sejak masih kecil. Saat bapaknya masih ada di dunia ini. Jadi kalau mau beli martabak bapaknya akan singgah di gerobak yang terletak di Jalan Tanjungpura ini. Berhadapan dengan Teknik Photo.

Saya sendiri baru pertama kali ke sini dan kaget saat melihat antrian yang panjang dan kakek-kakek yang menggoreng martabaknya seakan tak istirahat. Sebab dia terus menggoreng. Sementara karyawannya akan menambah adonan lagi saat satu martabak sudah bisa diangkat. Bahkan karyawannya ini tak lagi menghitung jumlah pembeli, dia langsung letak saja adonan kulit martabak yang sudah melar dan menumpahkan adonan telur dan daging di atasnya. Kemudian kakek-kakek itu mulai melipat pinggiran martabak. Dengan mahirnya.

Harganya bervariasi. Biasa Rp20.000. Spesial Rp25.000. Dan martabak jumbo Rp35.000.

Biasanya saya melihat tenangnya seorang tukang martabak menggoreng adonannya. Berusaha serapi mungkin membuat martabaknya. Berbeda dengan yang di Jalan Tajungpura ini. Dia menggoreng dengan cepat. Membolak-balik tanpa ragu. Padahal saya takut martabaknya sobek atau bagaimana gitu. Walaupun harus diakui, mereka sudah sangat efisien kerjanya. Termasuk yang bagian memotong martabak yang sudah matang.

Tak begitu lama saya menunggu, padahal antrian panjang. Satu persatu martabak selesai digoreng untuk memenuhi pemesanan pelanggan. Martabak manisnya yang belum saya coba. Semoga nanti ada kesempatan buat singgah lagi dan membeli martabak manisnya. Siapa tahu rasanya juga tak kalah enak dengan martabak telornya. Walaupun masih kalah dengan martabak favorit saya yang berada di Jalan Imam Bonjol, tapi saya tetap puas dengan rasa martabak ini. Apalagi gerobak martabak yang sering saya singgahi tersebut sekarang sudah tak ada. Sudah tutup.


Padahal saya ingat betul di sana juga banyak orang yang antri untuk membeli martabak buatannya. Perbedaan martabak yang sekarang sudah tak ada lagi itu dengan martabak lainnya, seenak apa pun martabak lain itu, adalah pada kulitnya. Kulitnya lebih tipis dan lebih garing. Jadinya enak sekali saat dimakan. Kalau ketebalan memang kurang enak makannya.

@honeylizious

Followers