22 Desember 2013

Mari Menulis 300 Kata


Honeylizious.com – Sudah banyak postingan yang saya tulis dan jumlahnya selalu kurang dari 300 kata. Sekitaran 150-200 kata yang saya tulis untuk satu postingan. Tentu saja itu jumlah yang sedikit. Kurang untuk satu postingan yang biasanya saya buat beberapa bulan sebelumnya. Dulu waktu menulisnya tak perlu 12 post sehari memang saya bisa menulis lebih panjang. Bahkan bukan hanya 300 kata. Melainkan 500-600 kata.

Sekarang harus membuat komitmen dengan diri sendiri untuk menulis lebih panjang lagi. Latihan lebih keras lagi. Berusaha lebih cepat lagi mengetiknya. Bukan berpacu dengan orang lain. Ini seperti marathon sendirian dan berusaha mengalahkan kemampuan diri saya sebelumnya. Apa pun hadiahnya yang akan saya terima.

Sebenarnya kalau memang bisa merangkai ide dengan cepat di dalam kepala menulis 300-400 kata itu bukan hal yang sulit. Bahkan saya ingat betul, saya paling bisa menulis panjang kalau sedang kesal. Ada yang ingin saya tumpahkan. Ada emosi yang tertahan jika tak segera dikeluarkan. Dibandingkan menggunakan amarah untuk hal yang buruk memang saya lebih suka menyalurkannya pada komputer. Biarlah mereka yang menyadari betapa cepatnya saya mengetik. Kuatnya tekanan jari saya di tuts keyboard. Wajah saya yang menekuk.

Berbeda jika suasana hati biasa saja atau lebih tenang. Malah saya lebih lambat mengetiknya, cenderung santai dan menyelesaikan satu tulisan butuh waktu yang lebih lama. Jadi sekarang mulai rajin memeriksa jumlah kata dalam satu postingan yang diketik. Kalau kurang panjang akan ditambah dengan kalimat atau paragraf lagi biar lebih panjang.

Mau ada yang bisa menyelesaikan membacanya atau tidak bukan menjadi soal. Sebab pada akhirnya ketika kita dikejar deadline. Ingin menyelesaikan tantangan. Ada hutang menulis. Kita kemudian sadar bahwa kita tak peduli hal lain selain menyelesaikan semua tantangan tersebut. Menyelesaikan sebelum deadline. Kemudian juga membayar hutang tulisan yang kita buat. Tentu kita tak ingin menumpuk hutang tulisan. Apalagi yang menagihnya adalah diri kita sendiri.


Baiklah, sekarang sudah 300 kata. Bisa diposting :)

@honeylizious

Followers