6 Desember 2013

Macam-Macam Soto Asli Indonesia


Satu di antara kuliner Indonesia yang punya banyak jenis adalah soto. Setidaknya ada 25 macam jenis soto yang tersebar di nusantara. Dan kali ini akan diulas beberapa soto yang cukup terkenal di Indonesia. Beberapa soto yang akan diulas adalah soto kemiri pati, soto bandung dan soto medan.

Pernah dengar soto kemiri? Masyarakat Pati selalu memakan soto kemiri di siang hari ketika istirahat cocok tanam di sawah, soto ini biasa dibuat tanpa membubuhkan penyedap rasa. Selain berbahan dasar daging ayam, soto kemiri juga dibumbui brambang (bawang merah), bawang putih, kencur, kemiri, lengkuas, jinten, merica, jahe, dan santan.
Cara penyajiannya unik, setelah mangkuk yang berisi nasi, irisan daging ayam, dan taoge diberi kuah, setelah itu kuah dari mangkuk tadi dituang kembali kedalam kuali.


Kelezatan kuliner Indonesia selanjutnya adalah soto dengan ciri khas lobak putih, soto bandung. Selain lobak, soto ini juga dilengkapi tomat, seledri, dan keledai goreng, bisa juga dihidangkan bersama perkedel kentang maupun perkedel singkong, tempe, kerupuk dan jeruk nipis. Selanjutnya kita jalan ke Medan, soto medan lezat dengan kuah santan dan disajikan plus perkedel kentang yang kaya akan rempahnya. Ada bumbu jintan untuk penyedap selera, serta dilengkapi dengan emping, kentang, telur, tomat dan bawang merah goreng untuk penyajiannya.

@honeylizious

Followers