23 Desember 2013

Lebih Baik Bayar Hutang di Dunia daripada di Akhirat


Honeylizious.com – Saya sering mengatakan demikian pada orang-orang yang punya hutang sama saya sampai beberapa periode tak kunjung dilunasi. Kalau sudah mengatakan kalimat seperti judul di atas saya biasanya sudah sangat lelah dan hampir menyerah. Sekarang bukan masalah uang yang tak kunjung dibayar. Tapi masalah pembayaran di akhirat nanti yang tentu akan sangat menyusahkan baginya. Bagi orang yang memiliki hutang pada saya.

Mengikhlaskan tentu bukan hal yang mudah jika sejak awal uang tersebut statusnya adalah hutang piutang. Kecuali memang diminta sebagai sedekah barangkali saya akan melupakannya sesegera mungkin.

Tulisan ini saya tuliskan buat siapa pun di luar sana yang punya hutang pada orang lain yang belum dilunasi. Lebih baik bayarnya di dunia. Sebab di dunia kita bisa menyelesaikannya dengan mata uang dunia. Berbeda dengan di akhirat nanti. Tak terbayangkan jika harus membayar hutang dengan mata uang akhirat yang tentunya berbeda jauh dengan di dunia.


Maukah kita membayar hutang dengan amal kita? Maukah kita menerima dosa orang yang memberikan kita hutang karena kita kehabisan amal untuk dibayarkan dan melunasi hutang tersebut? Hidup adalah pilihan. Apa pun pilihan kita setelah membaca tulisan ini. Pastikan kita tidak menyesal karenanya.

@honeylizious

Followers