29 Desember 2013

Lauk Favorit Fahd


Honeylizious.com – Fahd, adik bungsu yang sebelumnya pernah tinggal bersama saya kali ini datang lagi ke Pontianak karena sekolahnya sedang libur. Tentunya dia sudah kangen dengan mall dan juga suasana Kota Pontianak yang dulu pernah menjadi tempat tinggalnya hampir dua tahun.

Fahd ini termasuk anak yang susah makan. Kalau dulu waktu kecil makannya harus disuapi barulah dia akan makan. Walaupun sempat waktu usia 2 tahun dia menolak untuk disuapi. Tetapi dengan disuapi semua yang ada di piring akan masuk ke dalam perutnya. Berbeda cerita kalau dia makan sendiri. Kecuali yang dimakan adalah nasi dan sarden. Dapat dipastikan dia akan makan dengan lahap bahkan bisa sampai dua piring.

Sarden memang lauk favorit Fahd. Dia tak pernah menolak makan ikan kalengan itu. Saya waktu kecil juga suka sekali dengan ikan dalam kaleng tersebut. Bisa makan dua tiga kali nambah. Walaupun ikannya kadang hanya kebagian satu ekor, kebanyakan yang di dalam piring adalah nasi dan kuah sarden, tapi saya yang masih sangat kecil tetap makan dengan lahapnya. Berbeda dengan sekarang. Satu kaleng biasanya saya masak untuk Fahd saja. Mengingat dia sangat kurus dan saya rasa dengan makan lebih banyak tubuhnya akan lebih berisi.

Kurusnya tentu akan didiagnosa oleh ahli gizi di rumah sakit sebagai kurang gizi atau lebih jauh lagi sebagai gizi buruk. Padahal di rumah selalu diberi makan. Tetapi ya itu, dia makannya terlalu memilih. Apalagi saat bersama Umak di Jawai. Dia akan memesan nasi goreng favoritnya. Nasi goreng merah. Dibuat dengan cabai kering yang dihaluskan. Ada bawang merah bawang putih dan ikan teri goreng. Memang dia makan dengan lahap. Tapi tak ada sayuran di dalamnya karena dia menolak makan sayur.

Berbeda dengan di Pontianak, saya akan memasukkan beberapa potong sayur ke dalam piringnya. Jadi mau tak mau dia juga harus menghabiskannya dan di sini tak ada kompromi. Tak ada alasan tidak suka. Sebab dia sudah cukup besar untuk diberikan pemahaman bahwa dia membutuhkan sayuran bagi tubuhnya. Begitu juga dengan air putih. Memang repot harus meletakkan segelas air di dekatnya setiap kali saya ingin dia minum air putih. Tapi dibandingkan dia tidak minum air putih kan?


Nah favorit Fahd adalah ikan sarden dalam kaleng. Bagaimana dengan masa kecil teman-teman?

@honeylizious

Followers