24 Desember 2013

Kolam


Honeylizious.com – Ini bukan tentang kolam pada umumnya. Ini masih ngomongin soal Jawai. Tempat saya lahir dan dibesarkan. Mendapatkan pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama. Sebab kemudian saat usia saya 15 tahun saya menempuh pendidikan SMA di Pemangkat. Menyeberangi laut dari Jawai. Menyusuri Sungai Batang. Karena tidak memungkinkan bolak-balik setiap hari dari Jawai ke Pemangkat saya memutuskan untuk meninggalkan kampung halaman dan tinggal di Selakau.

Tempat sepasang suami istri yang anaknya sudah dewasa dan punya keluarga sendiri. Sehingga mereka berdua tinggal di rumah mereka hanya berdua. Saya pun menumpang di sana dan lebih banyak menghabiskan waktu tidur saja di rumah. Sebab dari pagi sampai sore saya menghabiskannya di sekolah dan tempat les, apalagi saat duduk di kelas tiga SMA. Saatnya untuk serius belajar supaya bisa lulus ujian.

Kembali lagi ke Jawai, sebuah desa ada yang dinamai Kolam. Saya tidak tahu mengapa namanya Kolam. Saya pernah datang ke desa ini beberapa kali. Saya ingat betul waktu masih remaja dulu. Saya suka sekali hanya keliling Jawai mengendarai motor tanpa tujuan. Kalau sudah terlalu jauh kami memutar arah kembali ke tempat semula. Pulang.


Bersama sepupu yang lebih dulu pandai mengendarai sepeda motor saya mengelilingi Jawai termasuk melewati Desa Kolam ini.

@honeylizious

Followers