26 Desember 2013

Kerabu Jambu Lobak

gambar: http://priyonobibit.wordpress.com


Honeylizious.com - Di Jawai, ada jambu yang lumayan asam tetapi saya suka sekali dengan jambu ini. Apalagi kalau sudah matang. Jambu lobak namanya. Di Jawai ukurannya bisa besar kadang ada pula yang kecil. Paling suka makan jambu ini dengan cara dipotong-potong setelah dicuci bersih. Kemudian jambunya dicocol ke kecap manis yang sudah dikasih garam, gula, dan potongan cabai rawit. Saat menuliskannya saya sudah bisa membayangkannya dan air liur saya hampir menetes.

Di rumah Umak kadang bisa ditemukan dengan mudah jambu ini. Sebab memang Umak suka membelinya. Jambunya kadang dimakan dengan cara yang sama dengan yang saya tulis sebelumnya. Namun masih ada cara lain untuk menikmatinya. Yaitu membuat jambu lobak tersebut sambal. Sebutannya 'kerabu'. Biasanya menggunakan mangga yang masih belum matang dan asam atau bisa juga yang sudah matang dan manis. Bergantung selera.

Sambal terasi yang sudah pas rasanya lalu diaduk dengan potongan mangga atau jambu lobak. Saat sudah tercampur sebutannya bukan lagi sambal terasi atau sambal jambu/mangga. Melainkan kerabu. Ini enak sekali dimakan dengan nasi hangat dan ikan asin. Ulala...


@honeylizious

Followers