23 Desember 2013

Kalau Bukan Kita Siapa Lagi?


Honeylizious.com – Saya rasa dibandingkan saya harus keliling dunia untuk mendapatkan pengalaman traveling yang bisa dituliskan, lebih baik saya pulang kampung untuk menemukan hal-hal yang bisa saya tuliskan mengenai desa saya. Dari banyak orang yang ada di desa saya, lebih luas lagi kecamatan Jawai Selatan, siapa yang akan menuliskan mengenai tempat tersebut.

Berapa banyak orang yang ada di sana mau meluangkan waktu untuk mencatat hal-hal yang sebenarnya 10-20 tahun akan datang menjadi bagian dari sejarah di tempat tersebut. Tak banyak orang yang mau menulis dan membuat tempatnya sendiri dikenal oleh orang lain. Sebab di Jawai Selatan sendiri pengunjung yang datang dari negara sendiri saja tak banyak, apalagi dari negara luar. Padahal keindahan alamnya tak kalah dengan banyak tempat lain yang punya pantai.

Kalau bukan kita, penduduk yang lahir di Jawai, siapa lagi yang akan menuliskan tentang pelosok desa tersebut? Sebab sudah bukan hal yang baru lagi saat saya mengatakan saya berasal dari Jawai, hampir semua orang akan bertanya Jawa-nya di mana, bahkan dalam bahasa Jawa. Mereka pikir saya salah tulis atau salah bicara saat menyebutkan 'Jawai'. Padahal tempat tersebut memang ada. Berbeda dengan tempat lain yang banyak dikenal orang karena memang terus dipublikasikan.

Tak terbayangkan oleh saya jika saya juga tak menuliskan tentang Jawai sebagai informasi bagi banyak orang yang belum mengetahuinya. Bisa-bisa Jawai akan terus menjadi tempat yang penuh misteri. Padahal di sana peradaban sudah maju. Sudah ada internet dan warnet berjejer-jejer. Kendaraan mobil dan sepeda motor juga bukan hal yang baru lagi.


Yuk, siapa pun yang sedang membaca ini, menulis tentang tempat kita masing-masing di blog. Siapa tahu masih banyak yang tak tahu tentan tanah kelahiran kita.

@honeylizious

Followers