8 Desember 2013

Jangan Menyesal


Honeylizious.com – Selama ini kita selalu mengingat pepatah yang mengatakan bahwa yang namanya penyesalan selalu datang di belakang. Mau sekuat apa pun seseorang, akan selalu ada bagian dirinya yang menyesali sesuatu hal yang dia lakukan. Keputusan-keputusan yang dia ambil yang barangkali berakibat buruk atau fatal. Bukan hanya bagi dirinya. Tapi juga buat orang lain mungkin.

Menyesali sesuatu sebenarnya sah-sah saja kalau kita menjadikannya sebuah pembelajaran untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bahwa kita tidak akan jatuh ke lubang yang sama dua kali. Namun kadang penyesalan terlalu menenggelamkan kita. Banyak hal baik yang terkadang kita lewatkan hanya karena larut di dalam penyesalan yang sudah lewat di belakang kita. Tak bisa pindah dari penyesalan tersebut dan melanjutkan hidup.

Seorang teman pernah mengatakan pada saya bahwa yang sudah terjadi ya terjadi, jangan disesali. Barangkali lebih tepatnya kalimatnya maksudnya adalah saat kita mengalami hal yang buruk jangan disesali karena mengalaminya. Namun jadikanlah hal tersebut pengalaman bagi kita di dunia ini, sebab terkadang dari hal buruk itu kita bisa mengambil banyak sekali pengalaman. Bisa jadi tanpa pengalaman buruk tersebut kamu tidak akan menjadi dirimu yang sekarang. Begitu juga saya.


Lalu saat mengalami hal yang baik jadikan itu tempat untuk mensyukuri semua hal yang diberikan oleh Tuhan di dalam kehidupan kita. Jangan menyesal karena mengalami hal yang buruk dan melakukan keputusan yang buruk. Tapi menyesalkan karena tak bisa menjadikan pengalaman buruk tersebut sebagai tempat untuk belajar tentang kehidupan di dunia ini.

Related Posts

Jangan Menyesal
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.