19 Desember 2013

Jangan Dengerin Apa Kata Orang


Honeylizious.com – Belasan tahun yang lalu, saat pertama kali memutuskan untuk berlatih menulis setiap hari ternyata saya sudha melakukan apa yang seharusnya banyak orang lain lakukan. Yaitu tak mendengarkan kata orang mengenai apa yang sedang kita jalankan. Selama itu tidak melanggar hukum agama atau hukum negara teruskan saja.

Sebelum sekarang saya benar-benar lancar mengurai ide dalam bentuk tulisan. Orang yang saya maksud sebenarnya adalah orang yang paling saya sayangi di dunia ini. Aki. Beliau yang selalu menjadi teladan dan panduan saya untuk melangkahkan kaki tapi komentarnya pula yang saya cuekin. Setiap kali dia mengatakan hal yang buruk tentang kegiatan yang saya lakukan, akan menjadi apa saya nantinya jika sudah besar, atau tulisan saya tak bermanfaat. Masih banyak lagi komentarnya.

Saya tak peduli ternyata.

Memang itu yang harus kita lakukan saat kita sudah yakin dengan apa pun yang akan kita jalani. Kita yang akan menjalaninya. Bukan orang lain. Tentukan sendiri langkah kita berikutnya supaya kita tidak menyesal dikemudian hari karena terlalu banyak mendengarkan pendapat orang dan hidup dalam versi menyenangkan di mata orang lain. Bukan versi yang kita inginkan.

Kita hanya hidup sekali. Beruntungnya hanya Aki yang keberatan dengan kegiatan menulis saya sejak kecil dulu. Uwan saya lihat tak begitu menentang. Apalagi orang tua saya. Abah dan Umak lebih pada membiarkan saja saya ingin melakukan apa. Toh menulis membuat saya lebih tenang di rumah. Tak ada hal aneh yang saya lakukan kecuali memegang pena dan menuliskan cerita di dalam buku.

Terlihat seperti anak cupu yang setiap hari belajar padahal saya sedang bermain dengan imajinasi dan menemukan dunia baru yang tak ada di dunia saya yang sebenarnya.


Jangan dengerin apa kata orang kalau itu bisa membuatmu patah semangat. Teruskan saja apa yang ingin kamu kerjakan. Termasuk dalam hal tulis-menulis.

@honeylizious

Followers