4 Desember 2013

Ikan Nila Segar di Pontianak


Honeylizious.com – Mendapati ikan nila yang masih segar di pasar adalah hal yang sangat mudah. Banyak orang yang membuat kerambak ikan di Sungai Kapuas. Ikan juga lebih cepat besar jika hidup di alam alami seperti itu. Bukan di kolam buatan di halaman belakang rumah. Kata suami, ikan yang hidup di tempat yang memiliki arus akan mudah lapar sehingga banyak makan dan cepat membesar. Barangkali benar. Saya bukan ahli perikanan.

Ahli makan ikan tentu saja saya. Walaupun sudah terbiasa makan ikan laut selama di kampung dulu, saya juga tetap suka ikan sungai dan ikan air tawar lainnya. Apalagi ikan yang masih segar. Ikan nila yang dijual di pasar memang rata-rata masih segar. Bahkan saat akan masuk ke dalam pasar ikan kemarin, saya bisa melihat ikan-ikan nila yang melompat-lompat di atas meja. Butuh air atau merasa terancam dengan banyaknya orang yang datang akan membelinya?

Paling menyenangkan membeli ikan segar di pasar sebenarnya adalah tukang ikan akan membersihkan ikannya. Sehingga saat di rumah ikannya tinggal dikasih jeruk dan garam. Apalagi ikan air tawar tak seamis ikan laut. Menurut saya sih. Rencananya ikannya akan digoreng dan dibuat cocolannya dari kecap, bawang merah yang sudah diiris, cabai rawit, dan air jeruk nipis. Kebetulan kemarin banyak membeli jeruk nipis. Bisa digunakan untuk ikan dan juga membuat cocolan kecapnya.

Malamnya kami makan malam sangat romantis ditemani dua ekor ikan yang sudah digoreng. Suami yang membantu memasak. Dia semangat sekali memasak makanan kesukaannya. Ikannya kemarin langsung dimasukkan dalam kulkas setelah dibumbui. Bumbunya cuma garam dan air jeruk nipis. Sayurnya semangkuk capcay yang terdiri dari kembang kol, buncis, baby corn, tomat dan potongan bawang.


Ceritanya berdua sedang menjaga berat badan supaya tak terlalu melar. Tapi sepertinya tadi malam kebobolan makan dua piring. Ya sudahlah mumpung masih sehat dan masih ada selera makan, nikmati saja hasilnya pada tubuh. :D

@honeylizious

Followers