21 Desember 2013

Hujan Menjelang 25 Desember


Honeylizious.com – Teman-teman pasti sadar satu hal yang terjadi dipenghujung tahun ini. Berapa hari langit mendung dan hujan turun dengan derasnya. Untungnya di daerah tropis dan kita masih bisa menerima hujan air yang turun ke bumi. Pernah membayangkan hujan salju? Seberapa tebal baju yang harus kita kenakan untuk menghadapi hujan salju yang menggila?

Menjelang 25 Desember setiap tahunnya memang akan selalu seperti ini. Di daerah yang sudah biasa turun salju ya tentunya akan diguyur dengan butiran putih tersebut. Buat kita di daerah tropis air seperti dicurah dari langit dan itu kadang membuat aktivitas kita sendiri terganggu. Walaupun tentunya hujan adalah rezeki buat banyak orang.

Paling enak sih turun hujan itu malam hari. Tidur lebih nyenyak di dalam dekapan selimut. Tapi beberapa hari ini di Pontianak, hujan tak kenal siang atau malam. Terus saja turun. Kadang sebentar saja meskipun lebatnya mengejutkan. Kadang lama kalau hanya rintik-rintik kecil. Menjelang 25 Desember bukan hal baru lagi hujan turun begini.

Masalahnya sih yang paling membuat saya pusing adalah lempok-lempok yang tak bisa kering. Tahu lempok kan? Dagangan saya itu. Makanan khas Pontianak yang terbuat dari durian dan dibuat dodol. Nah dodol durian itu namanya lempok kalau di sini. Pengeringannya masih manual menggunakan sinar matahari. Pengeringan dilakukan supaya lempoknya lebih kering dan bisa disimpan lama.

Langganan banyak tapi susah kering memang membuat saya pusing. Bagaimana tidak? Uang sudah dikirim tapi saya sendiri tak bisa mengirimkan barang pesanan karena target pengeringan lempok butuh waktu yang lebih lama dari biasanya saat musim kemarau. Untungnya saat seperti ini sumber penghasilan bukan hanya dari dagang lempok. Masih banyak lagi sumber penghasilan yang lain.


Semoga hujannya lebih bersahabat lagi tanggal 25 Desember nanti. Sebab saya akan pulang kampung bersama suami. Kalau hujan turun dengan deras tentunya suami tak bisa mengendarai sepeda motornya. Naik bus juga rasanya jadi agak menakutkan dalam cuaca yang hujan deras seperti itu.

@honeylizious

Followers