20 Desember 2013

Holland Pie Asli Bangka di Pontianak (1)


Honeylizious.com – Akhirnya setelah bertahun-tahun hanya memperhatikan warung di Jalan Gajahmada yang menjual Holland Pie, saya tertarik untuk singgah dan mencicipi rasanya. Sebenarnya sih memang ini sama saja dengan Apam Pulau Pinang yang ada di Jawai. Perbedaannya hanya pada ukuran dan isian. Kalau di Jawai saya ingat betul dulu isinya hanya gula dan kacang tanah.

Ukurannya juga kecil. Paling suka Apam Pulau Pinang itu yang ada di Sentebang. Di sebuah Warung Kopi Tauhid dekat komplek pemakamam di Sentebang dekat pasar sayur. Harganya juga miring dulu. Sekarang saya lupa berapa harganya. Sebab saya sendiri juga sudah lama sekali tak membeli Apam Pulau Pinang di sana. Banyak orang yang menyebutnya Apam Pinang saja di Pontianak. Bahkan tak sedikit yang menyebutnya sebagai Martabak Manis.

Padahal dalam pikiran saya martabak itu hanya untuk yang asin dan menggunakan daging. Sedangkan yang manis akan disebut apam. Khususnya untuk Martabak Manis lebih suka menyebutnya Apam Pulau Pinang. Entah mengapa di Jawai penyebutannya seperti itu. Saya sendiri tak pernah mencoba mencari tahu sejarah Apam Pulau Pinang. Barangkali memang berasal dari sana. Dari Pulau Pinang. Hehehe...


Dulu setiap ditanya oleh-oleh apa yang diinginkan kalau Aki atau Uwan pergi tanpa membawa saya jawabannya pasti ingin dibawakan Apam Pulau Pinang. Sebab di Bakau. Tempat saya dilahirkan di Jawai, tak ada penjual Apam Pulau Pinang. Itu waktu saya kecil. Sekarang sudah ada beberapa warung kopi yang tidak hanya menjual goreng pisang sebagai jajanan teman minum kopi. Tapi juga menyediakan Apam Pulau Pinang. Satu di antaranya warung kopi yang berhadapan dengan rumah Uwan.


Memang sekarang berbeda sekali rasanya saat bisa makan Apam Pulau Pinang dan membelinya kapan saja dengan waktu masih kecil dulu. Apam Pulau Pinang yang jarang ditemukan menjadi jajanan yang istimewa dan selalu dinantikan sebagai oleh-oleh karena tidak dibawa bepergian.

@honeylizious

Followers