6 Desember 2013

Faktor-Faktor Penunjang Kesehatan


Untuk mencapai pola hidup sehat ada faktor eksternal yang harus kita perhatikan. Karena kesehatan ditunjang tidak saja dari pengaturan internal, seperti konsumsi makanan sehat, olah raga yang teratur, dan istirahat yang cukup, tapi faktor yang berada di luar diri kita juga dapat memberikan pengaruh yang besar. Satu di antara faktor eksternal yang dapat memengaruhi kesehatan kita adalah udara yang bersih. Bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan tidak mungkin kita bisa mendapatkan udara yang terbebas dari polusi. Walaupun begitu kita dapat berpartisipasi untuk mengurangi polusi dengan menggunakan transportasi publik atau menyumbang udara bersih dengan banyak menanam pepohoanan disekeliling rumah.

Faktor eksternal lain yang juga penting bagi kesehatan kita adalah lingkungan. Kita harus dapat menciptakan lingkungan yang sehat. Bagaimana mungkin kita dapat hidups ehat jika lingkungan sekitar kita sakit. Hal minimal yang dapat kita lakukan untuk memelihara lingkungan kita agar dapat terjaga dengan baik adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jika faktor internal dan eksternal tadi sudah kita jalankan agar kita selalu dapat hidup sehat, maka untuk melengkapinya kita juga harus memiliki karakter yang sehat, yaitu selalu optimis dan berkepribadian yang kuat.


Optimisme berdampak baik bagi kesehatan tubuh, terutama sistem imun tubuh. Sementara pribadi yang kuat erat kaitannya dengan kemampuan mengendalikan diri. Seperti contohnya enggan merokok, menngkonsumsi narkoba, alkohol atau apapun yang sifatnya tidak menyehatkan. Dengan begitu maka keinginan kita untuk mendapatkan pola hidup sehat akan dengan mudah terwujud. 

@honeylizious

Followers