23 Desember 2013

Etika Menagih Hutang


Honeylizious.com – Sebenarnya saat seseorang mengajukan untuk berhutang dia pasti menyertakan juga tanggal paling lama pengembaliannya, walaupun bukan hal baru yang namanya janji tinggal janji. Sudah banyak orang yang akhirnya mengingkari janjinya. Apalagi kalau janjinya akan membayar kalau sudah punya uang.

Meskipun demikian banyak pula orang yang hidupnya tak tenang kalau punya banyak utang. Setidaknya ada utang yang belum terbayar dia pasti tak tenang. Ada orang yang seperti itu. Sejak kecil saya sendiri selalu diajarkan oleh ibu saya untuk tidak berhutang. Kalau bisa jangan sama sekali memiliki hutang di dunia ini. Sebab itu menakutkan kalau tidak bisa dibayar.

Apalagi kalau hutangnya sampai jumlahnya besar dan akan menyusahkan orang untuk pembayarannya ketika kita tiba-tiba meninggal dunia sebelum sempat membayar hutang tersebut. Sudah ada kejadiannya, saya sendiri mengalami, memberikan hutang pada seseorang dan dia sendiri tidak berniat melunasinya. Setelah bertahun-tahun ternyata dia meninggal dunia. Padahal saya sendiri sudah mengingatkan. Bahwa sebaiknya dia melunasi hutang tersebut jika memang masih hidup.

Lalu bagaimana dengan kita yang menjadi pihak pemberi pinjaman? Sudah lelah kadang menagih hutang yang tak kunjung dibayar. Saya sendiri sengaja memberikan pinjaman pada orang yang belum pernah saya hutangi sebelumnya. Hanya untuk mengetes. Apakah nantinya dia bisa membayar dengan mudah atau susah melunasinya. Kalau ternyata sulit ditagih saya tak perlu memberikan pinjaman dua kali. Cukup satu kali dan walaupun dia sekarat untuk kedua kalinya dan butuh pinjaman, saya rasa saya bukan orang yang cukup baik hati untuk memberikan belas kasihan pada orang yang tidak menepati janjinya sejak pertama.


Etika menagih hutang bagi saya sendiri, memang saya akan menagih sampai dia lelah dan saya juga cukup lelah. Saya berusaha untuk tidak kasar. Tapi menagih hutang pada orang yang tak malu punya hutang memang susah. Sampai akhirnya dia merasa tersudut dan terancam jika tak segera melunasi.

@honeylizious

Followers