21 Desember 2013

Es Jeruk Pontianak


Honeylizious.com – Minuman yang satu ini hampir bisa ditemukan di banyak warung minuman. Kecuali di gerobak liang tea yang tentu saja tak akan menyediakan minuman asam manis berwarna oranye kekuningan ini. Biasanya disebut sebagai 'es jeruk Pontianak'. Padahal di Pontianak tak pernah sekalipun saya menemukan perkebunan jeruk.

Iya! Memang perkebunan jeruk Pontianak bukan di Pontianak. Melainkan di daerah Sambas, Kalimantan Barat. Ratusan kilometer jaraknya dari Pontianak untuk ke sana. Walaupun demikian jeruk ini tetap masuk hitungan sebagai jeruk Pontianak. Karena lebih terkenalnya demikian dan terkenal dengan kemanisannya.

Tapi dari banyak jeruk yang pernah saya makan di dunia ini, ceileeee bahasanya... jeruk yang ada di Jawai, dari kebunnya tukang obat Cina depan rumah, adalah yang paling manis dan segar. Benar-benar masak di pohon. Jadi kulit buahnya ada yang sedikit kuning segar. Begitu dikupas, bau harum jeruk yang memang sudah ranum sangat menggoda. Kulitnya dengan mudah dilepaskan.

Dulu, waktu masih menjaga toko kelontong di kampung, saya ingat betul apa yang diborong pedagang obat di samping toko tempat saya bekerja untuk kebun jeruknya. Kalau tukang obat yang depan rumah Umak saya kurang tahu bagaimana dia membuat jeruknya manis. Namun pedagang obat samping toko Sudi Mampir akan menggarami kebun jeruknya. Banyak sekali garam yang dia beli sebelum panen. Tidak tahu cara menggarami jeruknya seperti apa. Apakah ditaburkan di dekat pohon jeruk atau bagaimana, tapi yang jelas dia menggarami jeruknya. Sebab dia sendiri yang bilang seperti itu saat ditanya.

Ko, beli garam curah banyak benar, buat apa?”
Buat kebun jeruk.”

Kira-kita demikianlah bunyi percakapan yang berlangsung. Karena saya bukan orang yang suka bertanya mendetail, hanya itu yang saya tanyakan. Saya tidak tanya cara, kapan, dosisnya, dan bagaimana proses penggaraman itu berlangsung. Namun yang jelas, ketika panen, dia akan menjual jeruk yang sangat manis. Jadi di kampung saya ada dua pedagang obat herbal Cina yang punya kebun jeruk dan menghasilkan jeruk yang sangat manis.


Di Pontianak, jeruk-jeruk ini biasa dibuat minuman dan namanya Es Jeruk Pontianak.

@honeylizious

Followers