7 Desember 2013

Desember Pontianak Dingin


Honeylizious.com – Buat yang pernah ke Pontianak pasti tahu benar bahwa tak selamanya Pontianak itu bedengkang. Bedengkang itu maksudnya panas sekali. Sepanas-panasnya Pontianak pun saya masih merasa beberapa kota lainnya yang ada di Jawa sana jauh lebih panas dibandingkan Pontianak. Bedanya di Pontianak memang panasnya karena matahari dan matahari di sini bersinar dengan terangnya. Sebut saja Pontianak Kota Bersinar.

Sekarang sudah penghujung tahun. Desember. Pontianak akhir-akhir ini memang sangat dingin. Beberapa kali hujan turun dengan derasnya. Yang memprihatikan sih beberapa wilayah di Kalimantan Barat yang dulunya tak pernah banjir tiba-tiba saja sekarang banjir. Padahal tak pernah sekalipun mereka merasakan tak nyamannya berada di tempat yang banjir air. Itu pasti disebabkan hujan turun dengan derasnya dan daerah resapan berkurang. Sebab banyak pohon yang sudah ditebang.

Di Pontianak sendiri banjirnya juga sangat mudah datang hanya dengan hujan deras selama beberapa jam. Padahal sebenarnya banjirnya bisa dihindari jika banyak daerah resapan dan juga aliran air dari got bisa cepat sampai di Sungai Kapuas. Belum lagi kalau air sungainya pasang. Dapat dipastikan banyak rumah warga yang terendam. Kalau yang rumahnya tak jauh dari Sungai Kapuas tentu saja menjadi langganan banjir pasang.


Kalau mau merasakan sensasi dinginnya Kota Pontianak, datanglah ke sini pada bulan Desember seperti ini. Hujan turun hampir setiap hari. Belum lagi saat malam hari yang sudah dingin ditambah dengan hujan. Semakin dingin dan membekulah Kota Pontianak ini.

@honeylizious

Followers