24 Desember 2013

Bicara Soal Piutang

Sudah pernah mengutangi banyak orang dan dari banyak orang itu hanya satu dua yang cukup sadar diri untuk membayar sesuai dengan janjinya. Inilah anehnya manusia. Berhutang dengan janji akan segera dibayarkan. Tetapi saat uang sudah di tangan janji kadang hanya tinggal janji. Jadi ingat dengan seorang teman yang sudah meninggal dunia dan tak sempat membayar hutangnya pada saya. Apakah orang yang berhutang ini pernah membayangkan bahwa bisa saja nyawanya lebih dulu dicabut dan dia belum sempat membayar hutangnya.

Kadang niat baik kita untuk membantu disalahgunakan. Kepercayaan kita dicurangi. Janji manis pun seakan mudah saja untuk diingkari.

Saya sebenarnya termasuk orang yang tidak tegaan. Kalau ada teman yang berhutang karena alasan terdesak seperti masuk rumah sakit dan semacamnya saya sungguh tak bisa membiarkan mereka dalam kesulitan. Sebab saya juga tentu ingin dibantu kalau mengalami kesusahan yang sama.
Nah itulah hebatnya orang yang berhutang. Berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun enteng saja tak melunasinya. Saya bingung dengan cara hidup mereka. Nyamankan memiliki hutang di dunia ini?
Saya sendiri sampai letih menagihnya. Sampai akhirnya yang berhutang sampai meninggal dunia.

@honeylizious

Followers