17 Desember 2013

Bicara Soal Ospek yang Berujung Kematian


Honeylizious.com – Bukan hal yang baru lagi berita soal ospek yang kejam sampai ada yang meninggal dunia. Ini hanya cerita lama. Cerita kelam yang mengikuti ospek yang terjadi di Indonesia. Walaupun saya harus mengatakan tak setiap fakultas di Indonesia memiliki kekejaman senior saat ospek yang sama.

Saya mengalami ospek juga tapi tidak pernah terlintas di dalam kepala saya bahwa ospek yang saya ikuti akan membuat pesertanya meninggal dunia. Sebab ospek yang saya jalani berbeda jauh sekali dengan yang ditayangkan di televisi. Senior yang berbeda jenis dengan kami pun tak pernah menyentuh kami seujung kuku pun. Senior perempuan juga tak banyak berinteraksi fisik dengan mahasiswa baru yang sakit yang ruangannya dia jaga.

Setiap mahasiswa baru yang sakit ditempatkan di ruangan yang isinya sama jenisnya dengan mereka. Jadi mahasiswa baru laki-laki sama sekali tak ada di ruangan yang saya tempati. Memang kebetulan waktu itu saya jatuh sakit selama ospek. Ospek yang kami jalani juga dilakukan di kampus sehingga kelihatan oleh pihak kampus.

Walaupun beberapa bulan berikutnya di penutupan ospek kami keluar kota. Jaraknya ratusan kilometer bahkan harus menyusuri sungai yang sangat panjang selama belasan jam. Kami di sana diminta untuk membantu warga dan membuat lomba antar sekolah. Tak ada cerita kami disiksa. Walaupun pada bagian akhir ada sandiwara senior marah-marah dengan bentakan pada kami semua. Ternyata kami dikukuhkan sebagai anggota himpunan mahasiswa jurusan kami. Lalu kami dimandikan dengan air bunga.

Sampai hari ini ospek menjadi ajang yang memberikan kenangan yang manis bagi saya. Sekarang ospeknya malah lebih pendek dan dosen turun serta memberikan wejangan untuk mahasiswa baru. Senior hanya mendampingi juniornya. Dosen juga selalu mengingatkan pada mahasiswa baru untuk melaporkan jika ada kegiatan yang tidak sesuai dari seniornya.


Barangkali kampus-kampus luar Kalimantan Barat harus belajar banyak soal ospek pada kampus yang ada di sini. Jangan ada lagi mahasiswa yang meninggal karena ospek.

@honeylizious

Followers