9 Desember 2013

Ah Debat Kusir


Honeylizious.com – Sebenarnya dibandingkan berada di dalam lingkaran debat kusir, saya lebih suka hanya menjadi penonton di belakang dan berusaha untuk tidak terlibat. Sebab debat kusir itu melelahkan. Makan energi dan tenaga tetapi hasilnya? Sebab sekarang ini debat kusir lebih banyak terjadi di sosial media. Belum lagi saat debat kusir jarang kita temukan orang yang mau menerima pendapat orang lain. Kalaupun ada barangkali itu ditunjukkan sebagai jalan untuk menghentikan debat kusirnya. Orang yang melakukan debat kusir sejak awal sudah punya pendapat pribadi masing-masing.

Tentunya pendapat tersebut dia yakini sebagai yang paling benar. Kita sendiri juga bisa jadi adalah orang yang seperti itu. Beranggapan bahwa pendapat kita adalah yang paling benar. Paling bahaya ketika bertemu orang yang sama-sama ngotot sama pendapatnya masing-masing di sosial media. Dapat dipastikan akan terjadi debat kusir yang tak ada habisnya. Lebih parah lagi bila terjadi yang namanya 'twit war'. Sebab kalau sudah gondok banget sama orang yang memiliki pendapat berbeda ya pada akhirnya emosi bisa terpancing. Dari debat kusir menjadi twitwar. Itu juga sangat melelahkan.

Kecuali untuk orang-orang yang twitwar untuk menyatakan fakta yang sebenarnya, saya lebih respek, tapi beda cerita kalau hanya memaksakan pendapat pribadi. Lebih baik sih menuangkannya dalam bentuk tulisan panjang di blog dibandingkan menuliskannya di sosial media yang tentunya punya ruang batas, apalagi jika dilakukan di twitter. Parahnya debat kusir banyak terjadi di twitter yang berubah menjadi twitwar.

Daripada capek maksain pendapat sendiri pada orang yang sudah memiliki pendapat 'benar' versi dia mendingan sih memang dituliskan di blog panjang lebar sehingga lebih mudah dipahami. Sebab debat kusir kadang sudah tak jelas mana ujung pangkalnya. Dengan menuliskan pendapat yang kita yakini sebagai kebenaran setidaknya orang lain, yang belum punya pendapat atau bahkan tak tahu apa-apa setidaknya mendapatkan informasi baru bagi dirinya.


Ah debat kusir, melelahkan.

@honeylizious

Followers