19 November 2013

Wilayah Timur Kalimantan Barat Trip (9) Truk Pembawa TBS Sawit Bobo Seksi

Trip (7)
Trip (8)



Sebuah Mitsubishi Canter yang bermuatan Tandan Buah Segar (TBS) Sawit tumbang. Truk pengangkutnya tumbang di tengah jalan dengan banyak TBS Sawit berhamburan ke jalan raya. Kondisi jalanan yang licin dan berlubang membuat truk kehilangan kendali dan langsung terkulai di tengah jalan. Katakan saja truk itu sedang bobo siang cantik. Menceritakan tentang jalanan yang ada di wilayah timur Kalimantan Barat yang terus rusak dan hancur memang tak akan ada habisnya.

Kabarnya sih jalan ini memang 'akan' segera diperbaiki dan sudah masuk tendernya. Sudah beberapa bulan yang lalu kabarnya tender tersebut masuk. Tapi hingga sekarang jalannya jangankan dibangun kembali, yang ada semakin rusak. Padahal jalanan wilayah timur Kalimantan Barat ini selain banyak digunakan oleh truk pengangkut perkebunan dan tambang juga menjadi tempat lintasnya kendaraan yang mengangkut penumpang. Baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Sebab memang jalan ini jalan terdekat yang menghubungkan Indonesia dan negara tetangga.

Ada jalan lama yang bisa menjadi alternatif. Tetapi jaraknya lebih jauh sekitar 100km dibandingkan jalan yang baru yang sudah rusak parah ini. Belum lagi medan jalan lama yang berliku dan menanjak. Memberikan masalah yang baru buat penggunanya. Apalagi pengguna yang jarang melewatinya bisa celaka.

Truk ini hanya satu di antaranya yang menjadi korban jalanan yang rusak di wilayah timur Kalimantan Barat. Masih banyak lagi truk yang mengangkut barang yang lain yang sudah menjadi korban. Truk tumbang menjadi pemandangan yang biasa dan tak mengagetkan warga lagi. Sebab hal tersebut sama mudahnya dengan kita menemukan kecambah di pasar sayur. Gampang kan?

Apakah jalur lama yang bisa menjadi alternatif dengan jarak tempuh lebih dari 100km? Belum tentu, sebab kerusakan yang harus dihadapi masih ada. Lumayan pendek. Cukup sedikit bagian yang rusak. Tapi buat orang yang mau ke negara tetangga. Kalau menggunakan jalur alternatif ini untuk masuk ke daerah hulu Kalimantan Barat sepertinya bukan hal yang mudah. Sudah lebih jauh, kerusakannya juga masih bisa ditemukan kurang lebih sama apabila kita menempuh jalur baru yang lebih dekat.


Siapkah mendatangi wilayah timur Kalimantan Barat?

@honeylizious

Followers