13 November 2013

Wilayah Timur Kalimantan Barat Trip (7) Jalannya Hancur Lebur


Bukan cerita baru lagi sebenarnya masalah jalan provinsi di Kalimantan Barat ini hancur lebur. Banyak yang mengatakan hancur lebur menjadi bubur. Sebab memang jalanannya kalau sudah terkena hujan, yang tadinya hancur lebur, ditambah lagi dengan bubur lumpur yang membuat aspal menjadi licin.

Menurut pengakuan penduduk jalan yang rusak itu Sanggau-Bodok-Sosok-Batang Tarang-Tayan sekitar 90%. Di Kalimantan Barat sendiri sebenarnya sudah sangat terbiasa dengan keadaan jalan yang rusak. Tapi kerusakan biasanya hanya beberapa persen. Dapat dihitung dengan jari jumlah lubang-lubang yang muncul dalam jarak beberapa kilo meter. Bahkan jalanan di wilayah timur Kalimantan Barat ini masih kalah jauh dengan jalanan yang ada di kampung saya. Memang jalanan di kampung saya di Jawai lebih sempit dibandingkan jalanan wilayah timur Kalimantan Barat. Tapi tak ada cerita truk bermuatan terbalik saat melewatinya. Bukan satu dua truk lagi yang tumbang itu, banyak sekali jumlahnya.

Wajar saja masyarakat mengeluh dengan jalanan yang rusak ini. Saya saja yang hanya lewat sesekali pun rasanya tak dapat lagi mengungkapkan betapa rusaknya jalan di sana. Bus yang kami tumpangi bergoyang-goyang seperti mau tumbang. Belum lagi kalau berpapasan dengan kendaraan yang lain. Menyeramkan. Itu sebabnya sepanjang jalan saya lebih memilih untuk tidur saja dibandingkan harus bangun dan melihat bahaya yang harus kami lewati.

Saking parahnya jalan yang rusak tersebut saya saja sampai terbangun gara-gara kendaraan yang kami tumpangi tidak beguncang hebat. Sebab saya penasaran kami sedang berada di jalan yang mana sampai-sampai tak terasa ada lubangnya. Saat membuka mata saya baru sadar bahwa bus sedang berhenti untuk beristirahat. Makanya tak ada guncangan hebat yang saya rasanya. Biasanya kepala saya tidak pusing saat menaiki kendaraan seperti bus damri. Tapi tadi memang agak pusing saat melihat pemandangan yang terguncang-guncang karena bus yang saya tumpangi terus saja bergoyang.


Sudah siap ke wilayah timur Kalimantan Barat? Siapkan mental selama berada di dalam kendaraan.

@honeylizious

Followers