13 November 2013

Wilayah Timur Kalimantan Barat Trip (6) Bertarung Nyawa di Jalan Batang Tarang ke Simpang Ampar Kalimantan Barat


Sepertinya kita harus berikan tepuk tangan yang meriah pertanda kita salut dengan keberanian para supir yang membawa kendaraannya menuju Pontianak dari wilayah timur Kalimantan Barat atau sebaliknya. Bagaimana tidak? Mereka tidak hanya harus mengorbankan tenaga dan waktu untuk mendapatkan sedikit uang bagi keluarganya di rumah. Mereka juga bertarung nyawa saat mengendarai kendaraan yang mereka bawa. Kita ambil contoh saja truk yang membawa muatan.

Truk yang membawa muatan berupa barang, terutama sembako, adalah kendaraan yang paling mudah sekali untuk terbalik. Sebab jalanan memang tidak mendukung truk untuk melintas dengan mulus. Jalanan paling sering licin dan basah. Lumpur yang tadinya kering kalau sudah kena air akan menjadi bahaya tersendiri untuk pengendara yang membawa kendaraannya. Apalagi yang memiliki muatan. Sangat mudah terguling dan tumbang. Tumbangnya juga semena-mena. Biasanya menghalangi kendaraan lain yang akan lewat jalan tersebut.

Kalau sudah terbalik seperti itu dengan muatan yang berceceran di jalan raya dapat dipastikan supir dan kernetnya tak bisa ke mana-mana selain menunggui kendaraannya dan meminta bantuan pada kendaraan lain yang lewat. Supaya kendaraannya bisa berdiri lagi dan berjalan melaju di jalan raya. Namun sekali tumbang bukan berarti kemungkinan untuk tumbang tak ada lagi. Truk yang sudah tumbang tersebut masih akan berhadapan dengan kemungkinan tumbang yang lain saat truknya berjalanan di medan yang penuh bahaya. Itu baru cerita tumbang.


Bagaimana kalau kendaraannya malah masuk jurang? Ini sangat berbahaya untuk supirnya sendiri. Jangankan menyelamatkan barang, menyelamatkan nyawa barangkali bukanlah hal yang mudah. Semurah itukah nyawa mereka? Sampai-sampai hingga hari ini hati pejabat yang menjadi pemerintah di sana tak terketuk hatinya untuk segera memperbaiki jalanan tersebut sehingga bisa membuat kendaraan yang lewat tak mengalami musibah apa pun?

@honeylizious

Followers