12 November 2013

Wilayah Timur Kalimantan Barat Trip (4) Truk Terbalik di Jalan Antara Sosok dan Batang Tarang

Foto oleh August

Saatnya membahas satu persatu korban yang berjatuhan akibat jalanan di wilayah timur Kalimantan Barat yang rusak parah alias hancur lebur. Satu di antaranya truk yang membawa muatan yang melewati jalan antara Sosok dan Batang Tarang. Di mana? Ya di Kalimantan Baratlah, masih wilayah timur. Masih bicara soal jalanan yang rusak itu dengan jutaan lubang yang menganga di tengah jalan. Belum lagi tanah yang membuat jalana licin saat hujan tiba. Sekarang memang sedang seringnya hujan turun di wilayah timur Kalimantan Barat. Parahnya lagi hujan turun malam hari. Jadi kendaraan yang melewati jalanan malam hari dihadang oleh banyaknya lubang yang menganga. Tanah yang membuat jalanan tersebut licin. Di tengah hujan pula. Wajar saja jika banyak kendaraan yang menjadi korban jalan tersebut.

Khusus untuk kasus yang ini jalan macet kurang lebih 2km. Jalanan memang sempir sekali. Sudah sempir rusak parah pula. Jadi saat ada kendaraan yang tumbang karena jalanan yang rusak tersebut dapat dipastikan lagi musibah berikutnya adalah kemacetan yang parah. Tak ada pilihan jalan yang lain biasanya. Hanya jalan ini satu-satunya. Sisanya hutan dan ladang. Tak mungkin diterobos bukan? Kalau mengendarai kendaraan roda dua masih memungkinkan untuk melewati jalan yang sebagian sudah tertutup oleh badan kendaraan yang tumbang. Beda cerita dengan bus atau truk yang ukurannya hampir sama dengan yang tumbang tersebut.


Tulisan-tulisan yang berjudul serupa memang seakan sedang mengeluh tetapi harapan saya adalah akan lebih banyak orang yang tahu dan mau mendukung Gerakan Rp1.000 untuk Jalan Sanggau sehingga sesegera mungkin jalanan ini bisa diperbaiki dan tak ada lagi korban yang berjatuhan karena jalan yang rusak ini. Semoga.

@honeylizious

Followers