27 November 2013

Umbut Pandan dan Bubuk Kemenyan Obat Bisul


Honeylizious.com – Obat bisul memang sudah banyak dijual di pasaran. Tapi kalau ingat waktu masih kecil dulu dan tumbuh bisul di kaki dan tangan dan sulit menemukan obat bisul di perkampungan. Jadinya banyak tanaman yang kemudian dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit ringan yang diderita. Bisul termasuk penyakit yang sering mampir ke tubuh saya dulunya. Entah alergi dengan apa tapi beberapa kali ada bisul di tangan dan kaki saya.

Ternyata ada obat yang sangat mudah untuk dibuat di rumah dan memang di rumah selalu tersedia dua benda ini. Dua bahan untuk mengobati bisul ini adalah daun pandan dan kemenyan. Daun pandan diambil bagian putihnya atau yang biasanya disebut umbut. Lalu kemenyan yang dijadikan bubuk. Dua bahan tersebut ditumbuh menjadi satu. Saat sudah halus tinggal dioleskan dibagian tumbuhnya bisul. Apalagi kalau bisulnya sedang meradang dan ada nanahnya di bagian dalam. Itu mudah sekali membuatnya dingin dengan obat ini.

Dua bahan yang sudah dioleskan dibiarkan di tempat tumbuhnya bisul hingga bisul tersebut sembuh. Kalau obatnya jatuh atau lepas dari bisul bisa segera diganti dengan obat yang baru. Nanti nanahnya bisa keluar dengan sendirinya tanpa rasa sakit dan tidak perlu ditusuk dengan jarum untuk mengeluarkannya. Kemudian bisul akan menjadi kering dan tak berbekas.


Selamat mencoba.

@honeylizious

Followers