24 November 2013

Udang Lada Hitam


Honeylizious.com – Pagi tadi satu di antara menunya adalah udang lada hitam. Sudah lama sekali tak makan udang dengan ukuran sebesar ini. Saya lupa kapan terakhir kalinya makan udang besar. Paling sering makannya kepiting sih. Apalagi mengingat terlalu banyak menu juga sulit menghabiskannya. Udang yang dimasak dengan lada hitam memang enak rasanya meskipun ada sensasi rasa pedas di mulut setelah memakannya. Apalagi menu yang lain juga ada cabainya.

Sebenarnya kalau memang boleh memilih saya lebih suka udang yang direbus dengan bawang merah, bawang putih, dan sedikit kunyit juga lengkuas. Lalu ada air cabai jeruknya sebagai cocolan. Tetapi karena memang tadi malam makanannya sudah dipesankan, saya sendiri hanya memilih kursi, mau tak mau makan sajalah semua menu yang tersedia di meja.

Ceritanya tadi malam memang ke Abang Kepiting lagi, makan kepiting lagi, namun ada beberapa tambahan menu yang waktu itu tidak kami pesan. Kami memesan terlalu banyak sepertinya. Sampai-sampai menghabiskannya saja tak sanggup. Jadi ada tiga menu yang kami bawa pulang untuk dipanaskan dan dimakan hari ini. Satu di antaranya adalah Udang Lada Hitam yang ukuran besarnya sedang.


Jadi ingat dengan bakwan udang buatan Uwan di kampung. Dia senang sekali bisa membuat bakwan udang yang terbuat dari campuran udang, tepung, dan telur. Bumbunya juga sederhana, kunyit, garam, bawang, dan penyedap rasa. Saat masih panas enak sekali untuk dinikmati. Sudah lama sekali tak merasakan masakan Uwan. Uwan juga sudah semakin menua. Ternyata waktu sedemikian cepat berlalu. Tak terasa.

@honeylizious

Followers