21 November 2013

Tanpa Cornelis Warga Kalimantan Masih Bisa Hidup?



Kalau membaca koran lokal di Kalimantan Barat pasti akan tercengang dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelis yang menyatakan bahwa tanpa jalan yang ada di wilayah timur Kalimantan Barat pun 'kita' masih bisa hidup. Kita yang mana yang beliau maksud? Semua warga Kalimantan Barat atau kita antara dia dan keluarganya saja? Buat orang yang tidak hidup di wilayah timur Kalimantan Barat memang jalan yang rusak di sana tidak memberikan dampak apa-apa padanya.

Tapi pernahkah kita memikirkan jalanan yang rusak itu dampaknya bagi orang yang hampir setiap hari melewatinya? Saya yang hanya lewat dua kali waktu berangkat ke Sintang dan kembali lagi ke sini saja sudah sport jantung. Saya sudah ikhlas jika memang terjadi musibah seperti bus terpeleset di dalam lubang kemudian tumbang. Sudah sangat ikhlas apabila memang Tuhan menjadikan jalan tersebut untuk mencabut nyawa beberapa orang yang melewatinya.

Buat beliau, Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis yang tinggal merogoh koceknya untuk membeli tiket pesawat memang jalanan yang rusak tak akan membuat dirinya terguncang-guncang di dalam bus selama menuju wilayah timur Kalimantan Barat. Tidak akan mengalami kepala pusing karena jalanan sedemikian parah rusaknya. Kita seperti naik roller coaster tanpa pengaman sama sekali. Jatuh jurang. Tumbang. Masuk lubang. Mogok di jalan. Itu semua adalah risiko yang harus dihadapi orang yang melewatinya.

Kemudian pernyataan Gubernur Kalimantan Barat itu mendapat tanggapan dari masyarakat yang menyatakan bahwa tanpa Cornelis pun 'kita' semua juga masih bisa hidup. Menarik. Karena dua pernyataan itu sangat benar. Cornelis memang benar tanpa jalan itu 'kita' bisa hidup. Kita yang bisa membeli tiket pesawat. Kita yang tak perlu melewati jalanan yang berlubang dan hancur lebur di wilayah timur Kalimantan Barat. Kita yang tidak tinggal di wilayah timur.


Lalu pernyataan lainnya yang menanggapi pernyataan Cornelis juga benar. Sebab dulu, saat masih kecil saya tidak pernah tahu siapa gubernur Kalimantan Barat dan ternyata tetap bisa hidup tanpa Cornelis. Walaupun saya tidak tahu siapa gubernur Kalimantan Barat saat saya kecil dulu, saya yakin dan pasti orangnya bukan Cornelis.

@honeylizious

Followers