14 November 2013

Stop Konsumsi Orang Utan


Beberapa waktu lalu memang ada berita yang cukup mengenaskan. Miris membacanya. Waktu baca di facebook kurang begitu jelas bagaimana ceritanya. Tapi saat baca di koran yang diterbitkan di Pontianak rasanya saya kehabisan kata-kata untuk memahami bagaimana kejadian seperti ini bisa terjadi. Sebab rasanya sudah sangat keterlaluan yang dilakukan manusia.

Orang Utan yang ada di Kalimantan Barat semakin terdesak. Setelah hutan yang menjadi hunian mereka semakin berkurang karena terus ditebang dan lahan dibuka untuk kebutuhan manusia, keberadaan mereka juga terancam punah, sebab ada yang memburunya. Paling baru ya berita tentang orang yang memakan orang utan yang sebenarnya masih hidup tersebut. Padahal kalau mereka mau membawa orang utan tersebut ke tempat untuk merawatnya hingga sembuh bisa jadi orang utan itu masih bisa diselamatnya.

Toh sejak awal orang utannya memang masih hidup. Hanya terluka. Kalaupun tak bisa diselamatkan setidaknya kita sebagai manusia sudah berusaha untuk menyelamatkan spesis yang satu ini. Bukan malah membunuh hewan yang keberadaannya semakin sedikit lantas menjadikannya bahan makanan. Apakah manusia sudah kekurangan makanan sehingga harus memakan orang utan?

Ini kasus yang menguak ke permukaan. Tapi di luar sana kita tak pernah tahu seberapa banyak orang yang sudah pernah memakan orang utan. Memburunya lalu membunuhnya. Kemudian menjadikannya bahan pangan. Masih banyak hewan lain yang bisa dimakan untuk kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini. Tak terbayangkan jika suatu hari nanti orang utan punah dan anak cucu kita nantinya hanya bisa melihatnya melalui video atau foto saja tanpa pernah bisa melihatnya secara langsung di hutan.

Tolonglah, berikan hak hidup bagi orang utan yang ada di dunia ini. Jangan makan mereka.

@honeylizious

Followers