27 November 2013

Stop Berikan Uang Pada Pengemis


Honeylizious.com – Anak kecil itu perempuan. Berambut panjang sepinggang. Mengulurkan tangan pada orang-orang yang mengendarai kendaraan dan berharap ada yang memberikan lembaran rupiah. Dia cantik. Parasnya manis. Anggota tubuhnya normal. Sehat tentunya. Karena dia selalu tersenyum saat menadahkan tangannya. Berbeda mungkin dengan kebanyakan pengemis yang menampilkan wajah yang memelas. Berharap belas kasihan pada orang lain. Anak itu sepanjang hari selalu tersenyum. Beberapa kali saya melewati lampu merah itu dia memang selalu tersenyum. Bahkan pernah sekali saya melihat wajahnya seperti habis menggunakan bedak.

Iya, dia tak dapat memungkiri keinginannya sebagai perempuan adalah tampil cantik. Dia tak peduli dia menjadi berbeda dengan pengemis-pengemis yang lain. Pengemis yang pada umumnya lusuh, penuh daki, wajah memelas, dan mata kuyu. Anak perempuan ini terlihat bersih dan merawat dirinya. Tapi tentunya itu tak menghilangkan kenyataan bahwa dia memilih menjadi pengemis.

Pernah suatu ketika dulu, adik saya yang bungsu mengatakan pada ibu saya untuk berhenti bekerja saya. Katanya lebih baik ke Pontianak saja. Gampang mencari uang di sana. Tinggal nongkrong di lampu merah dan menadahkan tangan. Sudah bisa mendapatkan penghasilan. Banyak yang bilang penghasilan pengemis memang lumayan. Itu yang membuat mereka bertahan menjadi pengemis. Sebenarnya kesalahan kita juga sih yang memanjakan mereka dengan tetap memberikan sedekah uang pada mereka.

Bukan berarti kita sudah kehilangan rasa belas kasihan pada sesama. Tapi jika rasa kasihan yang kita berikan pada mereka itu membuat mereka menjadi memanfaatkannya, memang lebih baik kita menghentikan pemberian uang pada mereka. Kalau memang kasihan dan tetap ingin berbagi dengan mereka. Berikanlah makanan. Nasi bungkus. Kue. Atau apa saja makanan yang kita punya. Setidaknya kita tidak membiarkan mereka kelaparan. Namun jangan biarkan mengemis mereka jadikan sebagai profesi untuk ke depannya dan diwariskan ke anak cucunya nanti.


Yuk, stop berikan uang pada pengemis. Berikan yang lain saja.

@honeylizious

Followers