13 November 2013

Sintang Trip (8) Bukit Rentap


Sebelum tiba di Bukit Kelam ada bukit yang lebih kecil yang bisa kita lihat. Namanya Bukit Rentap. Sesuai dengan informasi dari Putra, demikian namanya. Semoga dia memang benar mengenai nama bukit tersebut. Sebenarnya sebelum menemukan Bukit Rentap ini, banyak sekali tempat-tempat yang terdapat batu yang serupa dengan batu raksasa yang menjadi Bukit Kelam. Memang ukurannya jauh sekali bedanya. Tak ada yang bisa mengalahkan ukuran Bukit Kelam di sekitar Sintang.

Tetapi dari warna banyak sekali batu yang memiliki warna yang serupa dengan batu Bukit Kelam. Bukit Kelam sendiri merupakan sebongkah batu raksasa. Melihatnya dari dekat sebenarnya membuat saya sedikit merinding. Sebab ukurannya yang sangat besar. Aneh rasanya hanya disebut bukjt. Harusnya disebut sebagai gunung dengan ukuran yang sedemikian. Dari jarak puluhan kilo meter saja Bukit Kelam ini sudah sangat jelas.

Berbeda dengan Bukit Rentap yang terlihat sangat kecil dibandingkan dengan Bukit Kelam. Tetapi pemandangan di sekitarnya juga membuat sejuk mata yang memandang. Saat melihat keindangan pemandangannya membuat lelah dan haus yang saya rasakan menjadi terbayar. Sebab kami memang datang ke sini dengan mengendarai sepeda motor saja. Dengan pelindung helm di kepala. Sisanya terbakar matahari dan saya merasa kulit kami menjadi lebih gelap selama seminggu di Sintang.


Tubuh lelah karena sepanjang perjalanan kami banyak sekali bertemu dengan lubang dan lumpur yang membuat aspal menjadi licin. Beberapa kali sepeda motor yang kami kendarai hampir tumbang dibuatnya. Untungnya kami bisa pergi dan pulang dalam keadaan selamat dan sempat mengabadikan beberapa lokasi yang ada di Sintang, Kalimantan Barat.

@honeylizious

Followers