8 November 2013

Sintang Trip (6)


Sintang Trip (4)
Sintang Trip (5)





Kalau ditanya lebih panas mana antara Pontianak dan Sintang, jawaban saya ternyata tak berubah. Sintang rasanya memang lebih panas dibandingkan Pontianak. Mungkin ini disebabkan oleh uap air Sungai Kapuas yang naik ke udara sebelum akhirnya menjadi awan. Memang di Pontianak juga ada Sungai Kapuas tetapi entah mengapa rasanya memang panas di Sintang jauh lebih gersang. Bisa jadi ini karena banyaknya perkebunan sawit yang menyebabkan tanah di Sintang banyak yang tandus.



Sejak dulu saya selalu menyayangkan banyaknya orang yang bisa menyewa tanah di Indonesia dan mengubahnya menjadi tanah perkebunan sawit. Bukan apa-apa. Tanah yang ditanami kelapa sawit lama kelamaan akan menjadi tandus dan kehilangan kesuburannya. Belum lagi untuk membuka lahan banyak orang yang dengan mudahnya membabat hutan dan membakarnya. Sehingga menyebabkan polusi udara. Sayang sekali alam menjadi rusak disebabkan oleh orang-orang yang merasa memiliki kepentingan di Sintang.

Padahal kalau kita pikir, saat uang menumpuk di dalam rekening apakah akan ada gunanya jika alam ini menjadi rusak dan kita tak bisa lagi hidup di dalamnya.
 
   

@honeylizious

Followers