24 November 2013

Selamat Hari Rujak Sedunia


Honeylizious.com – Hari ini senang sekali rasanya, setelah minggu lalu hanya pesta nanas di rumah Ibunya Indriani (Kak Uteh) ternyata minggu ini kami pesta rujak. Selamat hari rujak sedunia deh. Menyenangkan sekali rasanya bisa makan rujak lebih banyak dibandingkan biasanya kalau membeli sama mamang rujak yang lewat depan rumah. Belum lagi berbagi bersama suami yang juga memang suka dengan rujak.

Ada nanas, banyak sebenarnya, kalau tak salah menghitung ada 6 buah nanas, sedangkan buah yang lain saya tak menghitungnya. Kacang tanah yang sudah digoreng juga banyak sekali. Mungkin sekilo atau dua kilo kacang yang digoreng untuk dihaluskan dan membuat rujak tersebut. Bagian menghaluskan kacang tanahnya, ibu saya. Suami saya dan keponakan (Yuni) juga ikut membantu menghaluskan menggunakan blender. Ibu saya menggunakan cara manual.

Belum selesai saus kacangnya dibuat beberapa tangan sudah mencomot buah dan mulai mencocolkannya ke saus kacang yang masih butuh tambahan cabai dan garam. Tapi itulah sulitnya menertibkan tangan orang yang sudah terbit air liurnya melihat buah-buah yang sudah terpotong rapi di dalam tempat ceper yang besar. Apalagi saya memang suka sekali dengan buah nanas. Jadilah peserta yang ikutan menghabiskan rujak tersebut.

Tak butuh lama sampai akhirnya rujak tersebut benar-benar habis. Ada yang kepedasan. Ada yang merasa pedasnya sedang. Ada pula yang menganggapnya kurang pedas. Mungkin yang kepedasan itu tergigit biji cabai yang belum halus. Saya sendiri merasa pedasnya sedang. Tidak pedas memang. Tapi lebih enak seperti itu dibandingkan terlalu pedas. Sebab terlalu pedas bisa membuat kesulitan menghabiskan rujak tersebut.


Selamat makan rujak. :)

@honeylizious

Followers