24 November 2013

Selamat Hari Bakwan Sedunia


Honeylizious.com – Bakwan adalah satu di antara banyak panganan yang pernah meninggalkan jejak yang sangat jelas di dalam hidup saya. Saya ingat sekali bakwan yang paling enak yang pernah saya makan dengan udang segar yang digunakan untuk bagian atasnya. Bambu yang digunakan untuk menusuk bakwan tersebut dan meniriskan minyaknya dari bakwan. Bakwan yang dulu saya lihat digoreng menggunakan tungku tradisional. Masih menggunakan tempurung kelapa.

Bakwan itu dulunya adalah dagangan saya waktu masih duduk di bangku sekolah dasar. Setiap bakwan dihargai Rp50. Saya mendapatkan Rp10 sebagai upah untuk setiap bakwan yang laku. Sesuai dengan harga pasaran, komisi yang saya dapatkan adalah 20%.

Tadi siang saya membuat bakwan bersama Kak Cik. Sedikit berbeda dengan bakwan yang biasanya kami buat di rumah. Di rumah kami tak pernah mencampurkan jagung di dalam adonan bakwan tersebut. Paling sering hanya kacang panjang, kangkung, daun bawang, daun sop, dan bagian atasnya ada udang segar seekor. Nah kalau bakwan yang tadi saya buat menggunakan udang kering yang kecil-kecil di bagian atasnya.

Udang di Pontianak memang harganya mahal. Berbeda dengan di Jawai. Harga udang cenderung stabil dan naik turunnya tak begitu drastis. Pontianak sendiri memang bukan daerah yang banyak pantainya. Bukan Pantai Utara. Sedikit berbeda bakwannya. Tetapi yang menyenangkan adalah bisa menikmatinya beramai-ramai bersama keluarga. :')

@honeylizious

Followers