20 November 2013

Salad Indonesia


Suka dengan berbagai buah-buahan di dalam satu mangkok? Apalagi ada yang rasanya asem dan manis. Belum lagi teksturnya yang bermacam-macam. Salad identik dengan makanan luar negeri ya. Tapi saya suka menyamakan salad luar negeri dengan salad yang satu ini. Istilah kerennya rujak. Hahaha...

Sudah merasakan salad resep luar negeri di gerai makanan cepat saji dan saya tetap lebih suka dengan rujak. Kacang tanah gorengnya yang halus. Rasa terasinya. Air asam jawanya. Rawitnya. Tetap tak bisa digantikan oleh salad mana pun.

Tadi sore berkali-kali keluar rumah karena mendengar bunyi piring yang dipukul dengan sendok. Saya yang lapar mengira itu suara mamang bakso gerobak dorong. Pengen beli ceritanya. Tapi sudah berkali-kali keluar dan mendengar bunyi yang sama, di dalam komplek tak ada siapa-siapa. Maksudnya tak ada satu mamang pun yang saya lihat yang lewat. Bahkan saya sampai melongok ke pintu gerbang komplek yang memang tak jauh dari rumah kami.

Tak ada orang.

Sore yang horor. Hingga akhirnya suara dentingan piring itu semakin dekat dengan rumah. Ternyata mamang rujak. Hahaha...


setelah meletakkan piring di meja gerobak dorongnya saya kemudian tahu harga satu porsinya hanya 7.000IDR. Isinya sepiring penuh. Kacangnya banyak. Rasanya juga enak. Suka sekali. Kapan-kapan semoga ketemu lagi dengan mamang rujak yang sudah berjualan 28 tahun ini. Widih lebih lama dari kelahiran saya di muka bumi.

@honeylizious

Followers