23 November 2013

Rumah Adat Dayak di Singkawang


Honeylizious.com - Selain dua rumah adat Dayak di Pontianak, ada pula rumah adat Dayak di Singkawang. Tampilan rumah adat Dayak nuansanya sebenarnya tak jauh beda. Tinggi menjulang dan panjang. Mudah sekali membedakannya dengan rumah adat lainnya. Sejak di Pontianak saya baru benar-benar melihat rumah adat Dayak. Kalau yang di Singkawang sendiri saya tidak tahu sejak kapan berdiri dan ada di sana.

Namun rumah adat Dayak ini tentunya bisa menjadi tempat wisata pilihan juga buat yang sudah bosan ke Pantai Pasir Panjang atau tak ingin wisata kuliner di Pasar Hongkong. Sebenarnya Kalimantan Barat, sama dengan provinsi lain, memiliki potensi untuk mengembangkan tempat wisatanya. Selama memang ada pembangunan ke arah sana. Entah mengapa pembangunan tempat wisata menjadi sesuatu yang sulit sekali kita lihat di Kalimantan Barat. Kota di Kalimantan Barat yang memang banyak tempat wisatanya memang Singkawang.

Banyak sekali orang yang memutuskan untuk berwisata ke Singkawang karena memang ada Pantai Pasir Panjang, ada pula taman bunga, ada kebun binatang, ada pula pulau terkecil di dunia, Pulau Simping. Tak banyak yang tahu bahwa Kalimantan Barat punya kekayaan alam yang sedemikian banyaknya. Siapa yang menyangka bahwa di tanah Borneo inilah sebuah pulau terkecil di dunia berada.

Belum lagi wisata kulinernya yang sangat beragam. Mulai dari makanan Melayu sampai Cina. Dari yang halal sampai yang tak halal. Dibandingkan kota besar lainnya, Pontianak jarang sekali macet. Berbeda dengan beberapa kota besar di Indonesia yang macetnya sudah tak tertolong lagi.


Yuk ke Kalimantan Barat!

@honeylizious

Followers