22 November 2013

Rawat Wajah dengan Madu


Mendapatkan madu yang berkualitas baik dan yang paling penting asli memang sekarang bukan hal yang mudah. Sebab banyak sekali orang yang ingin mendapatkan madu yang benar-benar asli tersebut. Belum lagi kalau kebanyakan orang menggantungkan hasil madu dari hutan. Jadi bukan lebah yang diternak. Walaupun banyak juga peternak lebah yang membudidayakan lebah untuk mendapatkan madu dengan kualitas yang baik.

Keaslian madu sebenarnya bisa dicek dengan cara yang sangat gampang. Paling mudah adalah dengan memasukkannya ke kulkas untuk membuat es atau freezer. Kalau ternyata madu di dalam botol tersebut membeku dapat dipastikan kualitasnya kurang baik. Lebih buruk lagi, madu tersebut palsu. Sebab madu yang asli tidak akan membeku di dalam freezer. Nah kalau ada bagian yang membeku dan sebagian besarnya tidak membeku belum tentu madunya palsu. Sebab ada madu yang memang tercampur, bukan sengaja dicampur, dengan air. Bisa jadi pada saat memeras sarang lebah yang mengandung air.

Apalagi saat musim penghujan. Syukur-syukur masih bisa mendapatkan madu yang asli. Madu yang asli selain bisa digunakan untuk menjaga kesehatan, dengan cara meminumnya sesendok makan setiap pagi, bisa juga digunakan untuk merawat wajah. Terutama wajah yang berjerawat atau keriput. Bisa digunakan sebagai masker setelah dipanaskan. Cara memanaskannya juga sangat mudah. Panaskan di atas api lilin, madunya ditempatkan di dalam sendok makan. Setelah agak hangat, jangan terlalu panas, nanti bisa luka bakar, oleskan ke muka dan leher. Biarkan 15-20 menit atau kalau suka lebih lama juga tak masalah, tapi takutnya meleleh dan menempel ke tempat-tempat yang tak diinginkan. Bilas dengan air dingin.


Sekarang rencananya saya akan merawat wajah dengan madu. Soalnya kemarin pulang dari Sintang membawa dua botol madu asli dari hutan. 

@honeylizious

Followers