18 November 2013

Pesta Durian


Sebenarnya tak banyak juga sih membeli duriannya. Hanya 3 biji durian berukuran lumayan besar yang malam kemarin kami beli. Seharga 50.000IDR. Tapi karena tak ada saingan untuk makan semua durian tersebut terasa sedang berpesta. Sebab banyak sekali jumlahnya buat dimakan sendiri. Suami suka durian tapi bukan penggila durian seperti saya. Malam itu berpesta durian sampai akhirnya setengah dari tiga biji durian tersebut dimasukkan dalam freezer untuk menjaga keawetannya.

Buah durian memang enak sekali dimakan dalam keadaan segar. Walaupun sebenarnya tidak baik jika dimakan terlalu banyak. Selain membuat badan panas dan gerah bisa juga membuat kepala pusing. Alias mabuk durian. Saya sendiri selama ini pernah mabuk durian satu kali. Memang buah durian bisa membuat kepala pusing karena tekanan darah menjadi tinggi. Hipertensi sementara.

Berbeda kalau makan durian yang sudah diolah menjadi panganan yang lain. Seperti bubur kacang hijau durian. Uwan saya dulunya selalu membuat bubur yang dicampur dengan durian. Entah itu bubur kacang hijau, kolak pisang, atau kolak peranggi. Tahu peranggi kan? Orang yang suka sekali dengan acara Halloween tahu betul tumbuhan yang satu ini. Menjadi ikon Halloween entah sejak kapan. Peranggi itu labu kuning.

Dengan memasukkan durian dalam bubur yang kita buat memang menambahkan cita rasa sendiri. Selain itu buat penyuka durian tentunya ini akan menjadi bubur yang enak untuk dinikmati. Beda cerita kalau ada yang tidak suka dengan durian. Akan menjadi masalah saat membuat panganan yang dicampur dengan durian. Selain dicampur seperti itu sebenarnya durian juga bisa dibuat dodol durian. Di Pontianak terkenal dengan lempok durian.

Nah kalau duriannya tidak banyak tapi penghuni rumah ramai sekali, membuat durian yang dicampur dengan makanan yang lain membuat duriannya bisa dibagi ke banyak orang. Uwan sendiri kadang hanya punya dua tiga biji durian sedangkan satu rumah suka sekali dengan durian. Jadinya duriannya diolah menjadi panganan yang lain supaya bisa dibagi rata. Maklum dulunya Aki hanya bekerja sebagai petani yang luas sawahnya tak seberapa.


Durian yang dicampurkan dengan bubur atau diubah menjadi dodol durian kalau dimakan tidak membuat panas. Entah apa penyebabnya. Barangkali memang ada zat tertentu yang menghilang dari durian tersebut saaat dimasak. Mari berpesta durian!

@honeylizious

Followers