19 November 2013

Pembunuhan di Pemangkat, Kalimantan Barat (4)


Sekarang saya akan berbagi mengenai kronologi pembunuhan sebuah keluarga di Pemangkat, Kalimantan Barat yang menewaskan 5 orang. Kejadiannya di Jalan Badak Putih Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Hari Sabtu tanggal 16 November 2013. Masih pagi. Masih sangat pagi sebenarnya. Tak ada satu orang pun yang akan mengira bahwa pagi itu adalah pagi terakhir buat 5 orang itu. Lima orang yang tewas dibacok oleh tiga orang pelaku pembunuhan dan perampokan.

Pukul 04.00. Masih dingin. Matahari belum menampakan wajahnya sama sekali. Bahkan azan subuh belum berkumandang. Tetapi sang kepala keluarga sudah memulai harinya. Pergi ke pasar bersama anaknya. Tak ada prasangka buruk mengenai pagi tersebut. Lalu pukul 04.20 diperkirakan terjadi pembunuhan tersebut. Tak butuh waktu lama bagi pelaku untuk menghabisi lima orang korban. Kemudian menjarah seisi rumah. Uang dan perhiasan mereka ambil.

Darah sudah berceceran di mana-mana. Sekitar pukul 04.45 kepala keluarga tersebut pulang dari pasar bersama anaknya. Mereka mengetuk pintu, memanggil penghuni rumah yang ada di dalam. Tak ada jawaban sama sekali. Afo, sang kepala keluarga yang sudah berusia lebih dari setengah abad menghubungi istrinya lewat telpon namun tetap saja tak ada yang membuka pintu. Hingga akhirnya Afo yang sudah memiliki cucu ini menghubungi cucunya Claudia. Cucunya yang mengangkat telpon mengatakan bahwa dia melihat banyak sekali darah di dekat adiknya yang telah tewas.

Resah dan kaget. Laki-laki tua itu akhirnya memutuskan untuk mengetuk rumah tetangga. Meminta tolong untuk melihat kondisi keluarganya bersama-sama. Saat itulah mereka akhirnya bergerak ke bagian belakang rumah. Menemukan pintu belakang sudah dalam kondisi terbuka. Bercak darah di mana-mana. Tak butuh waktu lama. Pukul 05.00 warga heboh dan segera melaporkan kejadian tersebut pada Polsek Pemangkat.

Jarak Jalan Badak Putih ke Polsek Pemangkat memang tak begitu jauh. Sebab SMA 1 Negeri Pemangkat juga berdekatan dengan Polsek ini. Hanya butuh 5 menit mungkin untuk sampai di Polsek tersebut dengan kendaraan bermotor. Pukul 05.15 – 07.30 pihak kepolisian pun melakukan identifikasi kasus kelima korban tewas tersebut.


Pelakunya ada tiga orang. Dua orang pelaku diamankan di rumahnya yang berjarak sekitar 10 meter dari rumah korban pukul 07.00. Berselang 4 jam, pukul 13.00 pelaku ketiga diamankan. Semua pelaku kemudian diperiksa di Mapolres Sambas, Kalimantan Barat.

@honeylizious

Followers