19 November 2013

Pembunuhan di Pemangkat, Kalimantan Barat (3)


Kalau membaca beritanya di koran mengenai pembunuhan sebuah keluarga di Jalan Badak Putih, Pemangkat Kalimantan Barat, kita akan menemukan bahwa diduga kuat motifnya adalah perampokan. Memang sih tiga pelaku merampok isi rumah tersebut setelah membunuh 5 orang penghuninya. Namun kalau kita bayangkan, apabila kita yang menjadi pelaku, apakah kita akan seterdesak itu untuk merampok sampai harus membunuh 5 orang, termasuk seorang anak kecil berusia 4 tahun.

Makanya saya juga menghadirkan motif lain yang saya dengar dari sepupu saya. Sebab pelaku kabarnya tinggal berdekatan dengan rumah keluarga yang menjadi korban perampokan dan pembunuhan tersebut. Katanya nih, sekali lagi kata sepupu saya yang dia dengar kabarnya dari temannya tersebut bahwa keluarga yang menjadi korban sering menghina pelaku yang memang memiliki kekurangan. Tuna wicara dan tuna rungu.

Barangkali perampokan menjadi hal yang mereka lakukan berikutnya disebabkan adanya kesempatan untuk merampok. Tapi bisa jadi memang sejak awal mereka sudah merencanakan sebuah perampokan setelah menghabisi penghuni rumah naas tersebut. Tapi jika memang motif awalnya adalah karena dendam dihina oleh keluarga korban tentu saja ini menjadi sebuah pelajaran yang sangat penting bagi diri kita sendiri. Bahwa sekecil apa pun hinaan yang kita berikan pada orang lain, apalagi jika orang tersebut rumahnya tak jauh dari rumah kita sendiri. Bukankah tetangga adalah keluarga terdekat kita?


Apa pun motifnya, kasus ini sedang terus berjalan dan akan didalami oleh kepolisian. 

@honeylizious

Followers