27 November 2013

Pekerjakan Anak-Anak


Honeylizious.com – Anak-anak dijadikan karyawan lagi di sebuah pabrik kulit lumpia. Sebenarnya sih melihat anak bekerja bukan hal yang baru lagi. Waktu di kampung saya juga bekerja. Tetapi bukan sebagai karyawan seperti yang ada di pemberitaan tadi siang. Melainkan menjadi pedagang. Menjual kue atau camilan yang dibuat oleh bibi-bibi saya di rumah. Bawa ke sekolah. Setiap penjualan 20%-nya akan masuk kantong saya.

Entah itu termasuk mempekerjakan atau tidak saya juga tak paham situasinya. Tapi yang jelas saya tidak merasa dipaksa atau kelelahan dengan melakukannya. Sebab semuanya saya jalankan sambil sekolah. Jadi jualannya saat istirahat. Lama-lama saya malah membuka warung sendiri di depan rumah nenek.


Mempekerjakan anak-anak dibawah umur sebagai karyawan pabrik tentunya tak dibolehkan. Tapi saat mendengar gaji yang diberikan ternyata memang lumayan. Anehnya mengapa orang yang mampu memberikan gaji 1juta perbulan untuk anak-anak dibawah umur ini tidak mengambil orang dewasa saja? Pasti banyak orang dewasa yang mau membuat kulit lumpia dan mendapatkan gaji 1juta setiap bulannya. Memang bukan jumlah yang besar tapi cukup lumayan dibandingkan tak punya pekerjaan bukan?

@honeylizious

Followers