21 November 2013

Pantai Pulau Datok


Awal tahun 2006, saya masih ingat sekali waktu itu. Saya masih mahasiswa baru. Fitjun masih ada di dunia ini. Senior-senior yang menjaga kami semua. Teman-teman sekelas yang baru saya kenal. Hal-hal yang terlalu baru. Kami menjalani PPM di Ketapang. Waktu itu masih Kabupaten Ketapang. Belum terbagi dan mekar menjadi dua kabupaten. Sekarang di sana ada Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Kalau tidak salah Pantai Pulau Datok ini masok Kabupaten Kayong Utara. Ingin sih datang ke sini lagi. Tapi letaknya sangat jauh dari Pontianak. Bisa menghabiskan belasan jam dengan naik Kelotok. Kelotok itu mirip dengan kapal bandong yang menjadi angkutan air di daerah pedalaman. Harga barang-barang di Kayong Utara dan Ketapang Kalimantan Barat ini tak jauh beda dengna wilayah timur Kalimantan Barat. Mahal.

Bahkan bisa naik dua kali lipatnya. Sebab untuk memasok barang-barang ke sini bukan hal yang mudah. Butuh waktu dan biaya yang tak sedikit. Kadang saya merasa Ketapang dan Kayong Utara itu tempat yang tak terjangkau. Butuh waktu yang lama untuk memutuskan akan ke sana. Apalagi kebetulan tak punya keluarga sama sekali di tempat tersebut.


Pantai Pulau Datok akan menjadi tujuan utama saat traveling ke sana. Keindahannya dan tempat ini masih asri. Masih di Kalimantan Barat.

@honeylizious

Followers